Sukses

Bontang City Carnival 2023, Ajang Edukasi Budaya dan Dongkrak Sektor Pariwisata

Event karnaval dan pawai budaya, Bontang City Carnival telah selesai dan menyisakan cerita yang dibawa pulang baik oleh peserta maupun penonton.

Liputan6.com, Bontang Kemeriahan Bontang City Carnival 2023 memang telah berlalu. Kegiatan karnaval dan pawai budaya yang berlangsung pada Sabtu, 21 Oktober 2023 kemarin itu telah menyisakan cerita menarik untuk dibawa pulang, baik oleh peserta maupun penonton.

Penonton tak hanya memadati jalur karnaval, namun juga menonton secara live streaming dari rumah melalui perangkat digital. Dalam platform Vidio.com saja tercatat mencapai 18 ribu penonton. 

Di luar kesuksesan penyelenggaran itu, Wali Kota Bontang Basri Rase mengapresiasi peserta dan panitia karena telah menyajikan ragam budaya di Indonesia dalam perspektif yang berbeda. Budaya tak lagi monoton namun menjadi sajian yang indah.

“Saya mengapresiasi peserta dan panitia karena betul-betul mengedukasi kita semua tentang keanekaragaman budaya dan suku yang ada di Indonesia. Sekaligus bagaimana menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran masyarakat Bontang untuk terus menjaga budaya-budaya itu,” kata Basri Rase usai acara Bontang City Carnival, Sabtu (21/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bontang Kaya Akan Suku dan Budaya

Hampir semua organisasi kebudayaan dan kedaerahan ikut dalam karnaval tahun ini. Mereka ingin menunjukkan kebanggaannya sebagai pemilik budaya.

“Kita bisa melihat dari keikutsertaan ini, hampir semua suku ada. Di BCC memperlihatkan masyarakat dengan budaya masing-masing dan ditunjukkan dengan segala kebanggaannya,” ujar Basri. 

Mengapa Bontang begitu banyak suku dan budaya? Basri menyebut karena Kota Bontang merupakan kota industri.

“Hampir semua suku ada di sini. Bontang adalah kota industri. Sudah barang tentu seperti pepatah di mana ada gula di sana ada semut. Kebetulan bontang adalah kota industri yang mendatangkan banyak pekerja, tentu semua suku ada di sini. Dan tergambar dari BCC ini, semua suku ada, mulai dari aceh sampai papua,” papar Basri.

3 dari 3 halaman

Wisata dan Budaya Bontang

Basri menyampaikan bahwa wisata dan budaya adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan di Indonesia. Dengan upaya peningkatan sektor pariwisata, maka sektor UMKM juga akan terdampak secara ekonomi.

“BCC juga tentu banyak meningkatkan perekonomian daerah. Saya tadi berbincang dengan beberapa paguyuban yang hadir. Mereka tidak dapat lagi baju sewaan di Bontang ini. Termasuk make up tidak ada lagi. Bahkan tidak ada lagi kamar hotel kosong, semua terisi,” ujarnya.

Basri yakin, Bontang akan berkembang lebih baik di sektor wisata. Keunggulan-keunggulan yang dimiliki kota ini punya pembeda dari wilayah lain di Indonesia.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini