Sukses

Gelar Pogram Kemanusiaan, Komunitas Sobat Sehat Edukasi Soal Pencegahan Stunting

Komunitas Sobat Sehat menggelar program kemanusiaan di Kelurahan Pejaten Timur, Jakarta Selatan, Sabtu (14/10). Program tersebut mengambil tajuk "Gotong Royong Cegah Stunting" dan berfokus pada pencegahan stunting melalui langkah konkret membagikan 1 Ton ikan laut kepada keluarga yang membutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta - Komunitas Sobat Sehat menggelar program kemanusiaan di Kelurahan Pejaten Timur, Jakarta Selatan, Sabtu (14/10). Program tersebut mengambil tajuk "Gotong Royong Cegah Stunting" dan berfokus pada pencegahan stunting melalui langkah konkret membagikan 1 Ton ikan laut kepada keluarga yang membutuhkan.

"Kegiatan ini merupakan langkah nyata dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya stunting, sebuah masalah kesehatan yang menjadi perhatian besar di Indonesia," kata Pendiri Komunitas Sobat Sehat, Sri Gusni Febriasari seperti dikutip dari siaran pers diterima, Selasa (17/10/2023).

Sri mengatakan, komunitasnya juga menggunakan platform bernama Sobat Sehat sebagai cara memobilisasi berbagai pihak, mulai dari organisasi, komunitas lain, instansi pemerintahan, dan sektor swasta, untuk bersama-sama berkolaborasi dalam mengatasi masalah stunting yang signifikan di Indonesia.

"Jadi acara ini melibatkan berbagai pihak yang peduli terhadap isu stunting, termasuk pendiri Komunitas Sobat Sehat, Sri Gusni Febriasari, Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara) yang diwakili oleh Sekjen Ikastara, Surya Lung, Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), Yayasan Tunas Bakti Nusantara (YTBN), serta Kapolsek Mampang Prapatan, Kompol. David Yunior Kanitero, dan Paramita Dental Jakarta, yang diwakili oleh drg. Paramitasari Dirgahayu," ungkap Sri.

Sri menyampaikan, kegiatan dimulai dengan penyajian materi edukasi tentang stunting, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang masalah ini. Dia menjelaskan, materi mencakup urgensi permasalahan stunting bagi keluarga.

"Kami mengajarkan cara efektif dalam mencegahnya dan pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam menangani stunting," tutur Sri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Konkret

Sri memastikan giatnya buat sekedar edukasi, namun terdapat langkah konkret dengan memberikan protein hewani kepada keluarga yang mungkin kesulitan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

"Jadi tidak hanya memberikan edukasi, Sobat Sehat juga memberikan solusi nyata untuk permasalahan ini, " imbuh Sri.

Sebagai informasi, pembagian ikan dilakukan di tiga lokasi yang berbeda dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Hal ini mencerminkan semangat kolaborasi dan solidaritas dalam mengatasi stunting dan masalah kesehatan masyarakat lainnya.

"Dengan menggabungkan edukasi yang tepat, upaya konkret dalam penyediaan nutrisi, dan kolaborasi lintas sektor, kegiatan ini membawa pesan kuat tentang betapa pentingnya perhatian terhadap isu stunting dan bagaimana kita semua dapat bekerja bersama-sama untuk mengatasi masalah kesehatan ini," Sri menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.