Sukses

Cara Efektif Usir Semut dari Toples Gula Tanpa Dijemur, Hanya Perlu 1 Bumbu Dapur

Sangat mudah dipraktikkan, tips dari warganet ini efektif mencegah semut masuk ke dalam toples gula. Yuk, simak bagaimana caranya!

Liputan6.com, Jakarta Sebagai salah satu komponen penting dalam bumbu masakan, gula pasti selalu tersedia di dapur. Akibatnya, hal ini sering mengundang semut berdatangan dan mengerubungi bahkan masuk ke dalam toples yang tidak ditutup rapat.

Untuk mengatasinya, akun Instagram @vhe.veronicaa membagikan tips sederhana yang terbukti ampuh mencegah semut mengerubungi toples gula. Hanya memanfaatkan satu bahan, cara ini sangat mudah untuk diikuti.

Dirangkum pada Selasa (21/5/2024), berikut penjelasan selengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Siapkan Satu Bahan Ini

Dalam video pendek yang diunggah melalui akun Instagram-nya, @vhe.veronicaa tampak memanfaatkan cengkih sebagai agen alami pengusir semut.

3 dari 10 halaman

Gunakan Wadah yang Aman

Pertama, taruh gula pasir ke dalam toples atau wadah apapun yang bisa terkunci rapat saat ditutup untuk menghindari adanya celah yang memungkinkan semut masuk dan mengerubungi gula. 

4 dari 10 halaman

Masukkan dalam Toples Gula

Selanjutnya, Masukkan beberapa cengkih ke dalam toples gula dan tutup rapat toples. Pastikan tidak ada celah untuk semut bisa masuk dan mengerubungi gula.

5 dari 10 halaman

Simpan di Tempat Tertutup

Simpan toples gula di tempat tertutup, misalnya kabinet dapur, untuk semakin meminimalisir kedatangan semut.

6 dari 10 halaman

Tips Memilih Gula Pasir Berkualitas Bagus

  1. Pilihlah gula pasir yang berwarna kuning atau putih kusam. Ini berarti tidak ada tambahan pemutih
  2. Pilihlah gula bertekstur kasar
  3. Hindari gula yang sudah menggumpal
  4. Pilihlah gula pasir yang mudah larut dalam air
7 dari 10 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Mengusir Semut

8 dari 10 halaman

Apa Kelemahan Semut?

Semut sangat tidak menyukai rasa pedas dan panas yang dihasilkan oleh lada. Selain lada, dapat juga menggunakan garam untuk menjauhkan semut dari rumah.

9 dari 10 halaman

Kenapa Tiba-tiba Ada Semut di Kasur?

Kehadiran semut di kasur dapat terjadi karena berbagai alasan, salah satunya adalah kebiasaan membawa dan mengonsumsi makanan di tempat tidur. Sisa-sisa makanan yang tercecer di sprei dan tidak segera dibersihkan dapat menarik perhatian semut dan serangga lainnya.

10 dari 10 halaman

Bahan Apa yang Bisa Mengusir Semut?

Berdasarkan berbagai riset dan penelitian, diketahui bahwa semut tidak menyukai aroma kulit mentimun. Kulit mentimun mengandung senyawa kimia yang mampu menghilangkan jamur yang biasanya menarik perhatian semut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini