Sukses

Bentrokan di Muntilan Magelang: Motor Dibakar dan Lalu Lintas Macet

Bentrokan terjadi di Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (15/10/2023). Gesekan melibatkan Laskar PDIP Jogja (BSM dan Brigodo Wirodigdo) dengan GPK Militan bersama Anang Imamudin (Ketua FAUIB).

Liputan6.com, Jakarta - Bentrokan terjadi di Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (15/10/2023). Gesekan melibatkan Laskar PDIP Jogja (BSM dan Brigodo Wirodigdo) dengan GPK Militan bersama Anang Imamudin (Ketua FAUIB).

Menurut Kabid Humas Polda Jawa Tengah (Jateng), Kombes Stefanus Satake Bayu Setiono, kejadian pertama di Batikan Pabelan Kec. Mungkid, sekira pukul 15.20 WIB.

"Kejadian diawali pada saat laskar BSM Jogja pulang ke arah Jogja, sesampainya di Batikan Pabelan Kec. Mungkid terjadi gesekan dengan laskar GPK Militan," katanya. 

Dari GPK Militan ada yang luka terkena lemparan batu (korban diduga bernama eri yang merupakan warga Pabelan Mungkid). Kemudian laskar BSM Jogja melanjutkan perjalanan.

"Sesampainya di depan kantor DPC PDIP Prumpung Muntilan, ada penghadapan oleh oknum GPK Militan, terjadi saling lempar batu, terdapat 1 unit sepeda motor milik Laskar BSM Jogja rusak. Kemudian laskar BSM Jogja melanjutkan perjalanan," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

TKP Tape ketan Muntilan

Sekitar pukul 16.00 WIB, Terjadi penghadangan oleh anggota Gpk militan dan Anang Imamudin (ketua FAUIB) beserta anggota yang tidak terima di TKP 1, kemudian berusaha memblokade jalan pemuda untuk menghadang laskar PDIP Jogja (laskar Brigodo Wirodigdo Jogja), lalu terjadilah cekcok mulut antara saudara Anang Imamudin dengan anggota PDIP laskar Brigodo Wirodigdo Jogja.

"Kemudian langsung timbul saling lempar batu antara kedua belah pihak di jalan pemuda tepatnya di depan toko oleh-oleh tape ketan. Personel Polresta Magelang yang berada di lokasi langsung berusaha melerai dan menenangkan kedua belah pihak agar menghentikan bentrok, tidak lama kemudian Kapolresta Magelang Kombespol Ruruh Wicaksono, tiba di lokasi untuk menenangkan situasi," tambahnya.

Akibat kejadian itu, arus lalu lintas Magelang menuju Yogyakarta dan sebaliknya mengalami kemacetan. Dari arah Yogyakarta, arus lalu lintas sempat diarahkan ke jalur lain.

"Posisi perjalanan dari Magelang menuju Jogja, sekitar pukul 15.00 sudah macet di wilayah Muntilan. Selama perjalanan tidak ada info kemacetan karena apa. Setelah terjebak hampir 4 jam. Baru ada info dari pihak kepolisian untuk putar balik karena ada kampanye PDIP bentrok. Biasa Magelang Jogja cuma 1 jam, akhirnya bisa 5 jam lebih karena harus cari jalur alternatif," kata pengendara mobil, Isnan Istianur Arkadia (29).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.