Sukses

Puluhan Siswa SMK di Cianjur Terlibat Duel 5 Vs 5 Dipulangkan, Polisi: Proses Hukum Tetap Berjalan

Kasatreskrim Polres Cianjur, Iptu Tono Listianto mengatakan, puluhan siswa tersebut tetap menjalani pemeriksaan dan diberikan peringatan keras sebelum akhirnya diserahkan pembinaannya pada orang tua masing-masing. Namun, proses hukum terkait aksi duel tersebut tetap berjalan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 39 siswa SMK dan SMA yang terlibat duel 5 vs 5 di Cianjur, Jawa Barat akhirnya dipulangkan polisi ke orang tua mereka masing-masing pada Kamis 5 Oktober 2023. Sebelumnya, mereka diamankan dan telah diperiksa penyelidik Polres Cianjur setelah video baku hantam viral di media sosial.

Kasatreskrim Polres Cianjur, Iptu Tono Listianto mengatakan, pihaknya langsung melakukan penangkapan terhadap puluhan siswa SMK yang terlibat dalam aksi duel lima lawan lima di Kecamatan Cilaku dan siswa SMP satu lawan satu di Kecamatan Sindangbarang.

"Pelajar yang terlibat duel yang menyaksikan dan menyuruh aksi tersebut dijerat dengan Pasal 182 dan 184 KUHP dengan ancaman hukuman sembilan bulan penjara, namun tidak dilakukan penahanan karena hukumannya di bawah lima tahun," kata Tono dilansir dari Antara, Jumat (6/10/2023).

Tono menambahkan, puluhan pelajar tersebut tetap menjalani pemeriksaan dan diberikan peringatan keras sebelum akhirnya diserahkan pembinaannya pada orang tua masing-masing. Namun, proses hukum terkait aksi duel tersebut tetap berjalan.

"Meski dipulangkan dan diserahkan pada orang tua masing-masing, proses hukum terhadap mereka yang terlibat duel langsung tetap berjalan," ucap Tono.

Sebelumnya, video aksi para pelajar yang tengah berduel viral di media sosial. Para pelajar dalam video tersebut disebut-sebut merupakan siswa SMK di Cianjur, Jawa Barat.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @infocianjur24jam, para pelajar tersebut saling baku hantam di lapangan terbuka. Awalnya, dua orang pelajar yang mengenakan seragam putih abu-bu, tampak bersalaman.

Setelah keduanya berjabat tangan, pelajar lainnya saling serang dengan tangan kosong. Sebagian pelajar tersebut terlihat bertelanjang dada, sementara kelompok pelajar lainnya mengenakan seragam putih abu-abu.

Kapolsek Cilaku, Kompol Nandang mengatakan, peristiwa pelajar duel 5 vs 5 itu terjadi di Desa Sukakerta, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur pada 26 September 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral Siswa SMK di Cianjur Duel 5 Vs 5, Alumni Diduga Terlibat

Sebanyak 23 pelajar diamankan aparat Polsek Cilaku, Cianjur, Jawa Barat lantaran diduga terlibat perkelahian. Video aksi duel antarpelajar tersebut kemudian viral di media sosial.

Kapolsek Cilaku, Kompol Nandang menduga, ada alumni yang terlibat dalam duel 5 vs 5 di sebuah lapangan di Desa Sukakerta, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur.

Nandang memastikan, pihaknya kini masih memburu orang tersebut yang diduga berperan mengajak para pelajar tersebut berkelahi.

"Ada yang mengajaknya. Kami akan buru, kami kerja sama dengan Satreskrim Polres Cianjur," kata Nandang di Mapolsek Cilaku, Selasa 3 Oktober 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini