Sukses

5 Fakta Menarik Kemeriahan HUT TNI 2023 di Monas, Jokowi Naik Tank Marinir hingga Parade Alutsista

Saat mengecek kesiapan pasukan, Jokowi menaiki tank untuk mengecek kesiapan pasukan dalam perayaan HUT ke-78 TNI.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi inspektur upacara dalam perayaan HUT ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang diadakan di Monumen Nasional (Monas), Kamis (5/10/2023). Jokowi tiba di Monas, pada pukul 07.58 WIB bersama Ibu Negara Iriana, Wapres Ma’ruf Amin beserta Ibu Wurry Estu Handayani. 

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, sejumlah mantan presiden dan wakil presiden juga turut hadir di perayaan HUT TNI pagi tadi. Sebut saja Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jusuf Kalla, dan ada pula mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno dan Boediono.

Untuk diketahui, pada perayaan HUT TNI tahun ini tema yang diusung adalah "TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju".

Dalam tema tersebut terkandung makna bahwa TNI sebagai komponen utama pertahanan negara yang terdiri tiga matra darat, laut dan udara akan selalu solid, kokoh dan loyal kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini diungkap Asisten Personel (Aspers) TNI Marsda TNI Arif Widianto kepada awak media di kawasan Monas.

"Dan akan terus mengawal demokrasi bersinergi dengan seluruh komponen bangsa Indonesia. Tujuannya adalah untuk Indonesia yang maju, mandiri dan sejahtera," jelas Arif.

Lantas, berapa jumlah personel yang ikut terlibat dalam kemeriahan HUT ke-78 TNI tahun ini? Mereka yang terlibat sebanyak 4.630 personel dan 130 Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista). 

"Demo udara melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara akan ikut meramaikan udara di atas Jakarta pada saat 5 Oktober 2023. Demonstrasi di antaranya fly pass pesawat tempur, helly dan free fall sebanyak 78 personel," ungkap Asisten Personel (Aspers) TNI Marsda TNI Arif Widianto.

Berikut seputar fakta menarik dikemeriahan HUT ke-78 RI yang dihimpun dari Liputan6.com: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jokowi Jadi Inspektur Upacara HUT ke-78 RI di Monas

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023). Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana, dan Ma'ruf Amin dan Ibu Wurry Estu Handayani tiba di lokasi upacara sekitar pukul 07.58 WIB. Jokowi lalu menuju mimbar upacara dengan didampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan para kepala staf.

Upacara peringatan HUT ke-78 TNI diawali dengan Indonesia Raya. Jokowi kemudian melakukan pemeriksaan pasukan upacara bersama Panglima TNI dan Komandan Upacara, dengan menaiki Tank BMP-3F Korps Marinir.

Adapun Mayjen TNI Choirul Anam bertindak sebagai Komandan Upacara HUT ke-78 TNI di Monas. Dia saat ini menjabat sebagai Panglima Divisi Infanteri 3/Kostrad.

Dalam HUT ke-78 TNI, Jokowi juga menganugerahkan tanda kehormatan kepada anggota TNI yang dinilai berjasa dalam perkembangan TNI. Mereka antara lain, Pangdam XIII/MDK Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko (Pangdam XIII/MDK), Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Markos, dan Pangkoopsud II Marsda TNI Andi Kustoro.

3 dari 6 halaman

2. Jokowi Naik Tank Marinir, Cek Kesiapan Pasukan di HUT ke-78 TNI

Saat mengecek kesiapan pasukan, Jokowi menaiki tank untuk mengecek kesiapan pasukan. Berdasarkan pantauan di Monas, Jokowi terlihat mengenakan peci dan setelan jas hitam. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berdiri di atas tank BMP-3F Korps Marinir.

Pada saat itu Jokowi didampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Keduanya tampak mengecek kesiapan pasukan upacara.

Sejumlah tokoh dan pejabat juga tampak hadir di upacara HUT TNI 2023 ini, yaitu Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Wapres ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, hingga Wapres ke-11 Boediono.

Di lokasi juga terlihat beberapa prajurit berjaga di sekitar alat utama sistem persenjataan (alutsista). Rencananya, ada 130 alutsista yang akan dipamerkan saat defile atau parade hari ini.

Kemudian, kekuatan Pasukan Upacara Parade terdiri dari Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI AD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk dan Satsik.

Sedangkan kekuatan untuk Defile Pasukan dan Alutsista terdiri dari 1 Yon Drumband gabungan Taruna Akademi TNI, Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI, 1 Brigade TNI AD 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk, 1 Kompi Pasukan Teatical dan pok Pers Veteran (naik kendaraan).

4 dari 6 halaman

3. Demo Udara Melibatkan 91 Pesawat dari Matra Laut, Udara, dan Darat hingga Pembagian Sembako

Demo udara juga akan disajikan pada HUT TNI dengan melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut, dan udara. Demo udara itu di antaranya fly pass pesawat tempur, helikopter dan free fall sebanyak 78 personel.

"Demo udara melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara akan ikut meramaikan udara diatas Jakarta pada saat 5 Oktober 2023. Demonstrasi diantaranya fly pass pesawat tempur, helly dan free fall sebanyak 78 personel," ungkap Asisten Personel (Aspers) TNI Marsda TNI Arif Widianto. 

"Juga tari helly diiringi lagu gemu famire dan diikuti Wan TNI dan ibu-ibu sebanyak 300 personel,dan display drumband Taruna Akademi TNI sejumlah 250 personel dan di tutup dengan demonstrasi Kolone Senapan Kolosal sebanyak 678 personel," sambungnya.

Tak hanya menampilkan Alutsista, dalam kegiatan HUT TNI juga dilaksanakan pembagian sembako terhadap masyarakat sekitar.

"Jadi tadi dari defile yang dilaksanakan, mereka akan keluar menuju ke bunderan hi dan sepanjang HI nanti juga akan ada pembagian sembako pada masyarakat sejumlah 55.000, sepanjang jalan menuju ke HI, dimana Alutsista kita menuju ke HI," ucap Arif. 

5 dari 6 halaman

4. SBY, Megawati, hingga Jusuf Kalla Hadiri Upacara HUT ke-78 TNI

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri peringatan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI yang digelar di Monas, Jakarta, Kamis (10/5/2023). Selain keduanya, upacara juga dihadiri Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Menko Polhukam Mahfud Md, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Yudo Margono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, hingga Ketua KPK Firli Bahuri tampak menghadiri upacara HUT TNI.

Ada pula, mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno dan Boediono.

Untuk diketahui ada sederet catatan penting yang disampaikan Presiden Jokowi dalam perayaan HUT TNI 2023. 

Jokowi memerintahkan prajurit TNI menjaga netralitas di tahun politik. Selain itu, Jokowi menekankan TNI harus terus menjaga sinergitas dengan Polri, khususnya pada Pemilu 2024.

"Tetap jaga sinergitas dengan Polri, dan tetap jaga netralitas TNI dan tetap pelihara watak kesatria," kata Jokowi dalam Peringatan HUT ke-78 TNI di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

Selain itu, Jokowi juga meminta TNI untuk menjaga kondisi Indonesia tetap damai di tahun politik pemilihan umum (Pemilu) 2024. Jokowi meminta TNI memberikan pemahaman ke masyarakat bahwa beda pilihan politik dan menang kalah dalam Pemilu adalah hal yang wajar.

"Kita telah memasuki tahun politik. Saya minta tetap jaga betul kondisi damai, segera padamkan percikan sekecil apapun. Berikan pemahaman kepada masyarakat bahwa beda pilihan itu wajar, menang kalah itu juga wajar," ujar Jokowi.

6 dari 6 halaman

5. Digelar Parade Pasukan dan Alusista HUT ke-78 TNI

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) untuk mendukung pelaksanaan kegiatan defile pasukan dan alutsista dalam rangka HUT ke-78 TNI pada Kamis (5/10/2023).

Adapun parade akan dilakukan dari Gerbang Tenggara Monas (start)-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Merdeka Utara-Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan MH Thamrin-Bundaran Hotel Indonesia (putar balik)-Jalan MH Thamrin- Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Merdeka Utara-Gerbang Barat Laut Monas (finish).

"Untuk menunjang kegiatan tersebut akan dilakukan rekayasa lalu lintas mulai pukul 10.15 sampai dengan 11.15 WIB atau bersifat situasional kecuali untuk bus Transjakarta tetap dapat melintas," kata Syafrin dalam rilis yang diterima.

Maka dari itu, lalu lintas dari Selatan (Semanggi) menuju Utara (Harmoni) dapat melalui Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Gatot Subroto-Jalan Letjend S Parman-Jalan Tomang Raya-Jalan Balikpapan-Jalan Suryopranoto-dan seterusnya.

Atau dapat melalui Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Gatot Subroto-Jalan K.S Tubun-Jalan Jatibaru Raya-Jalan Cideng Barat-Jalan Balikpapan-Jalan Suryapranoto-dan seterusnya.

Atau, dapat melalui Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Karet Pasar Baru Timur II-Jalan Karet Abdul Jalil-Jalan Karet Pasar Baru Timur 2-Jalan RM Margono Djojohadikoesoemo-Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Cideng Barat-Jalan Balikpapan-Jalan Suryapranoto-dan seterusnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.