Sukses

Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Pagi Ini

Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Halim, Jakarta Timur pada pukul 09.00 WIB pagi ini. Kereta cepat pertama di Asia Tenggara ini diberi nama Whoosh.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal meresmikan operasional kereta cepat Jakarta-Bandung. Peresmian kereta cepat yang diberi nama Whoosh tersebut dijadwalkan dilakukan di Stasiun Halim, Jakarta Timur pada pagi hari ini, Senin (2/10/2023).

“Ya besok (pagi ini) ketemu di Halim,” kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, saat ditanya awak media soal peresmian kereta cepat Jakarta-Bandung pada Minggu (1/10/2023) malam.

Pantauan di lokasi, Senin 2 Oktober 2023 pukul 07.30 WIB, tampak keramaian sudah memadati lokasi Stasiun Halim Jakarta. Berdasarkan jadwal yang diterima dari Sekretariat Kepresidenan, Jokowi akan meresmikan kereta cepat pada pukul 09.00 WIB.

Diketahui, kereta cepat Jakarta Bandung akan diberi nama WHOOSH. Ketua Tim Panel Sayembara Identitas Jenama, Triawan Munaf mengatakan WHOOSH memiliki kepanjangan Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. 

“Nama Whoosh diambil dari setiap huruf awal dari masing-masing kata tadi,” ujar Triawan Munaf.

Sebagai informasi, Jokowi sendiri sudah menjajal beberapa kali kereta cepat Jakarta-Bandung. Terakhir, kepala negara juga membawa serta para pegiat seni dan influencers untuk menjajal WHOOSH.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Kereta Cepat Whoosh

Kereta berkecepatan tinggi, yang sebagian besar didanai oleh China dan menelan biaya sekitar USD7,3 miliar ini merupakan kereta cepat pertama di Asia Tenggara (negara-negara ASEAN). Kereta ini akan menghubungkan ibu kota Jakarta ke kota Bandung. 

Layanan kereta api ini akan mengurangi waktu perjalanan yang semula tiga jam menjadi sekitar 40 menit saja. WHOOSH akan punya kecepatan 350 kilometer (217 mil) per jam di jalur kereta api sepanjang 142 kilometer 988 mil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.