Sukses

Top 3 News: Museum Nasional Kebakaran, Delapan Unit Damkar Dikerahkan

Kebakaran melanda gedung Museum Nasional di Jalan Medan Merdeka Barat, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat pada Sabtu malam 16 September 2023. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran melanda gedung Museum Nasional di Jalan Medan Merdeka Barat, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat pada Sabtu malam 16 September 2023. Itulah top 3 news hari ini.

Kobaran Api terlihat membumbung tinggi disekitar lokasi gedung Museum Nasional dan diiringi dengan kepulan asap berwarna abu-abu.

Sebanyak 8 unit mobil pemadam kebakaran dan 21 personel tengah dikerahkan untuk melakukan memadamkan api di lokasi.

Sementara itu, api berkobar membakar hutan dan lahan (Karhutla) di Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubies pada Rabu 6 September 2023.

Dampak kebakaran tersebut, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mengeluarkan pengumuman penutupan secara total sampai batas yang belum ditentukan. Pengumuman tersebut juga disertai imbauan tidak menyalakan flare.

Dugaan sementara, pemicu api berasal dari flare yang dinyalakan sekumpulan pengunjung saat melakukan sesi foto prewedding di Bukit Teletubies Gunung Bromotersebut. Pelaku juga sudah diamankan kepolisian setempat.

Setelah lama tak muncul, pria calon pengantin yang menggelar foto prewedding itu mulai membuka suara. Didampingi kuasa hukumnya, pria yang bernama Hendra itu menyampaikan sejumlah hal.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menghadiri undangan relawan Sekretariat Nasional (Seknas) di Bogor, Jawa Barat.

Pada pidatonya, Presiden Jokowi menyinggung soal pentingnya tahun 2024 untuk pijakan bangsa menuju Indonesia menjadi negara maju.

Dia menegaskan, Indonesia tidak boleh mengikuti jejak negara lain yang pernah memiliki kesempatan yang sama dengan Indonesia saat ini.

Sayangnya, tidak semua dari mereka berhasil dan sampai sekarang masih terjebak dengan status negara berpenghasilan menengah.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu 16 September 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Museum Nasional Kebakaran, Delapan Unit Damkar Dikerahkan

Kebakaran melanda gedung Museum Nasional di Jalan Medan Merdeka Barat, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat pada Sabtu malam 16 September 2023.

Kobaran Api terlihat membumbung tinggi disekitar lokasi gedung Museum Nasional dan diiringi dengan kepulan asap berwarna abu-abu.

 Hingga kini, sebanyak 8 unit mobil pemadam kebakaran dan 21 personel tengah dikerahkan untuk melakukan memadamkan api di lokasi.

"8 Unit dan 21 personel pemadam kebakaran dikerahkan untuk pemadaman api," tulis akun @humasjakfire.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Sederet Pengakuan Calon Pengantin Foto Prewedding Pakai Flare Picu Kebakaran Hebat Gunung Bromo

Api berkobar membakar hutan dan lahan (Karhutla) di Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies pada Rabu 6 September 2023.

Dampak kebakaran tersebut, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mengeluarkan pengumuman penutupan secara total sampai batas yang belum ditentukan.

Pengumuman tersebut juga disertai imbauan tidak menyalakan flare.

Dugaan sementara, pemicu api berasal dari flare yang dinyalakan sekumpulan pengunjung saat melakukan sesi foto prewedding di lokasi tersebut. Pelaku juga sudah diamankan kepolisian setempat.

Setelah lama tak muncul, pria calon pengantin yang menggelar foto prewedding itu mulai membuka suara. Didampingi kuasa hukumnya, pria yang bernama Hendra itu menyampaikan sejumlah hal.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Jokowi Akui Punya Data Intelijen Soal Parpol: Saya Tahu Arah Mereka ke Mana

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri undangan relawan Sekretariat Nasional (Seknas) yang dilangsungkan di Bogor, Jawa Barat.

Pada pidatonya, Jokowi menyinggung soal pentingnya tahun 2024 untuk pijakan bangsa menuju Indonesia menjadi negara maju. 

"Mengenai 2024, saya ini ulang-ulang terus ini, karena ini penting. Sebab 2024-2029-2034 itu sangat menentukan negara kita bisa melompat menjadi negara maju atau kita terjebak dalam midle income trap," wanti Jokowi. 

Jokowi menegaskan, Indonesia tidak boleh mengikuti jejak negara lain yang pernah memiliki kesempatan yang sama dengan Indonesia saat ini. 

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.