Sukses

Jelang Acara Gemilang Silang Monas, Warga Padati Kawasan Monumen Nasional Malam Ini

Warga mulai memadati Monumen Nasional jelang Gemilang Silang Monas yang menjadi rangkaian acara dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia (HUT ke-78 RI).

Liputan6.com, Jakarta Gemilang Silang Monas menjadi rangkaian acara dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia (HUT ke-78 RI).

Acara tersebut akan diselenggarakan secara perdana pada malam ini, Kamis (17/8/2023) pada pukul 18.30 WIB dengan pembukaan dari homeband di kawasan Monumen Nasional Jakarta.

Pantauan di lokasi, pukul 18.00 WIB, Kamis (17/8/2023) tampak panggung dengan set yang tidak terlalu tinggi sudah didekorasi dengan gaya minimalis dengan tulisan Gemilang Silang Monas.

Untuk deretan bangku penonton, tampak dipersiapkan model panggung berundak yang dihiasi dengan bean bag berwarna-warni.

Berdasarkan infromasi diterima redaksi Liputan6.com, acara akan berlangsung hingga pukul 21.00 WIB dengan dimeriahkan pelbagai hiburan, mulai dari musik, budaya hingga komedi.

Hiburan disuguhkan seperti Stand Up Comedy dari Cak Lontong, Wali Band hingga kembang api sebagai penutup acara.

Sebagai informasi, acara ini disenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan terbuka untuk umum secara gratis. Lalu bagi masyarakat yang berkeinginan untuk hadir disarankan tidak membawa kendaraan pribadi karena keterbatasan tempat parkir.

Namun apabila terpaksa membawa, petugas kepolisian setempat mengarahkan kendaraan diparkirkan di IRTI Monas.

Sebelumnya, upacara penurunan bendera merah putih pada HUT ke-78 RI berlangsung khidmat. Pada upacara penurunan bendera merah putih tersebut, para tamu undangan khidmat menyaksikan rangkaian acara.

Upacara tersebut pun berlangsung lancar tanpa ada kendala dan kejadian yang tidak diinginkan.

Rangkaian acara berlangsung sejak sekitar pukul 16.30 WIB, Kamis (17/8/2023), di Istana.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara tersebut. Jokowi tak memakai baju adat seperti saat upacara pengibaran bendera merah putih pagi tadi. Sore ini, Jokowi mengenakan setelan jas lengkap berwarna biru tua, kemeja putih dan dasi merah.

Pada upacara penurunan bendera ini, Tim Indonesia Jaya lah yang beraksi. Keyla Azzahra Purnama yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih saat diturunkan.

Tiga orang lainnya dari Tim Indonesia Jaya yang bertugas untuk menurunkan bendera ialah Frans Timothy Prawira Siallagan sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Lampung, Made Guruh Anggara Putra sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Bali, dan Raja Shiam Al Ghiffary Panjiyoga sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komandan Upacara hingga Perwira Upacara Penurunan Bendera

Sementara itu, bertindak selaku Komandan Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih adalah Kombes Pol Victor Dean Mackbon. Saat ini, ia menjabat sebagai Kapolresta Jayapura Kota Polda Papua.

Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Pom Herlan Auriza, yang saat ini bertugas sebagai Danunitpom Puspomau.

Brigadir Jenderal TNI Arkamelvi Karmani akan kembali bertindak sebagai Perwira Upacara pada sore hari ini. Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989 yang lahir di Jakarta, 10 Februari 1967.

Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta.

Sementara itu, Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Indonesia Maju bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Tim Indonesia Maju berhasil mengibarkan bendera merah putih. Mereka pun mendapat tepuk tangan dari tamu undangan lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Upacara Selesai, Duplikat Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi Dikembalikan ke Monas

Tim Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibraka) Indonesia Jaya sukses menurunkan bendera sang saka merah putih di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2023) sore.

Upacara Penurunan bendera putih di halaman Istana Merdeka berlangsung penuh khidmat dan berjalan lancar. Keyla Azzahra Purnama sebagai pembawa bendera Merah Putih menyerahkan bendera merah putih kepada Presiden Jokowi. Keyla merupakan Paskibraka asal Sumatera Selatan.

Dengan berhasil diturunkannya bendera merah putih, maka rangkaian peringatan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka selesai. Tim Paskibraka yang berhasil menurunkan bendera pun mendapat tepuk tangan dari para tamu undangan.

Selepas itu, dilanjutkan dengan pengembalian duplikat bendera merah putih dan naskah proklamasi dari Istana Merdeka menuju Monumen Nasional (Monas).

Pengembalian bendera merah putih dan naskah proklamasi tersebut diiringi arak-arakan menggunakan kereta kencana dan pasukan berkuda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.