Sukses

Peringatan HLUN ke-27, Bobby Nasution Semangati Lansia untuk Produktif dan Dukung Pembangunan

Dalam Peringatan Hari Lanjut Usia (HLUN) ke-27 Tahun 2023, Bobby Nasution melantik Pengurus Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Kota Medan periode 2023-2028 yang diketuai Renward Parapat.

Liputan6.com, Medan Ratusan para lansia penyandang disabilitas begitu bahagia dan sumringah tatkala menerima bantuan kursi roda dan tongkat dari Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam Peringatan Hari Lanjut Usia (HLUN) ke-27 Tahun 2023 di Hotel Madani, Jalan Sisingamangaraja Medan, Kamis (3/8). Dengan wajah tersenyum dan penuh syukur, mereka pun mengucapkan terima kasih kepada menantu Presiden RI Joko Widodo tersebut. 

Dalam Peringatan Hari Lanjut Usia (HLUN) ke-27 Tahun 2023, Bobby Nasution juga melantik Pengurus Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Kota Medan periode 2023-2028 yang diketuai Renward Parapat.

Bobby berharap agar para orang tua yang masuk dalam kategori lansia tetap bisa produktif. Artinya, produktivitas dapat dimulai dari pola pikir (mindset) yang menganggap jika lansia pun bisa aktif dalam ragam kegiatan. 

"Terkhusus bagi pengurus yang baru dilantik, saran dan masukan saya, kalau bisa hadirkan program - program yang mampu merubah mindset orang tua kita bahwa lansia pun bisa produktif. Maksudnya, program yang ada haruslah bisa mengakar sehingga manfaatnya bisa dirasakan hari ini dan hingga nanti," kata Bobby Nasution.

Bobby Nasution, menyebutkan bahwa di beberapa negara ada program khusus untuk lansia seperti magang. Sementara di Indonesia, magang identik dengan kaum muda atau anak-anak kuliah yang akan memasuki masa akhir pendidikannya sebagai suatu persyaratan kelulusan. 

"Ada beberapa negara yang memberlakukan program magang. Misalnya, perusahaan swasta yang membutuhkan tenaga profesional namun tidak sanggup atau mampu mencukupi membayar gaji yang terlalu tinggi, mereka memberlakukan program tersebut," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembangunan Kota Medan Libatkan Lansia

Bobby Nasution menuturkan pembangunan Kota Medan juga dapat melibatkan lansia. Hal ini tergambar salah satunya dengan pembangunan trotoar dengan mengadopsi universal design. Jika selama ini terbilang cukup tinggi, namun sekarang dibuat lebih rendah. 

"Jadi, kita ingin pembangunan yang dilakukan bisa dinikmati semua kalangan sehingga baik kita, kaum lansia maupun difabel dapat merasakan pembangunan ini secara bersama-sama," imbuhnya. 

Terakhir, Bobby Nasution berharap kepengurusan LLI yang baru dilantik berjalan aktif dan mampu membawa para lansia terus berkontribusi dalam mendukung pembangunan Kota Medan.

"Tetap semangat para orang-orang tua kami," ungkapnya seraya membagikan tiga buah handphone kepada lansia yang hadir usai berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.