Sukses

KPK Bakal Hadirkan Pengusaha Suryo di Sidang Kasus Suap Proyek Jalur Kereta Api

Suryo bakal diperiksa sebagai saksi dalam rangka membuktikan dakwaan terdakwa Direktur Utama (Dirut) PT Istana Putra Agung (PT IPA) Dion Renato Sugiarto. Dalam dakwaan Dion, diketahui muncul keterlibatan Muhammad Suryo.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bakal menghadirkan pengusaha Muhammad Suryo dalam sidang perkara dugaan suap pengadaan dan pemeliharaan jalur kereta api di wilayah Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat hingga Sumatera periode 2018-2022.

Suryo bakal diperiksa sebagai saksi dalam rangka membuktikan dakwaan terdakwa Direktur Utama (Dirut) PT Istana Putra Agung (PT IPA) Dion Renato Sugiarto. Dalam dakwaan Dion, diketahui muncul keterlibatan Muhammad Suryo.

"Iya, saksi-saksi yang mendukung akan dipanggil untuk membuktikan surat dakwaan," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Senin (24/7/2023).

Keterangan Suryo sangat dibutuhkan untuk membuktikan dakwaan tim jaksa KPK. KPK juga bakal membongkar dugaan keterlibatan Suryo dalam perkara ini. Meski demikian, KPK belum mengungkap jadwal pemeriksaan Suryo di persidangan Dion Renato Sugiarto.

"Mengenai waktunya nanti jaksa KPK yang akan agendakan sesuai kebutuhan strategi pembuktian," kata Ali.

Nama Suryo sempat muncul di dalam surat dakwaan perkara ini. Namanya muncul dalam dakwaan Direktur PT Istana Putra Agung Dion Renato Sugiarto yang dibacakan tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK pada Kamis, 6 Juli 2023.

Dalam surat dakwaan, Suryo disebut sebagai pihak yang memesan proyek pekerjaan Jalur Ganda KA Solo Balapan - Kadipiro - Kalioso KM 96+400 sampai dengan KM 104+900 (JGSS 6) senilai Rp164,515 miliar.

Suryo menggunakan perusahaan PT Calista Perkasa Mulia untuk mendapatkan proyek tersebut. Namun ternyata ada syarat yang tidak dipenuhi oleh PT Calista Perkasa Mulia saat proses evaluasi terkait lelang proyek tersebut.

Balai Teknik Perkeratapian (BTP) kemudian menunjuk perusahaan kontraktor lain untuk menggarap proyek tersebut. Perusahaan pengganti PT Calista Perkasa Mulia yakni, PT Istana Putra Agung yang merupakan perusahaan pendamping lelang sebagai pemenang proyek JGSS 6.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penetapan Pemenang Paket JGSS

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Bagian Tengah (Jabagteng) Bernard Hasibuan lantas mengajak Dion Renato Sugiarto bertemu dan menyampaikan PT Istana Putra Agung akan ditetapkan sebagai pemenang paket JGSS 6.

Namun, Dion diberikan syarat untuk menyerahkan uang yang diistilahkan sleeping fee untuk Suryo sebesar Rp11 miliar. Atas syarat itu, Dion menyanggupinya. Duit itu kemudian diserahkan kepada Suryo melalui perantara.

Dari permintaan Rp11 miliar itu, Dion hanya merealisasikan pemberian sleeping fee untuk Suryo sebesar Rp9,5 miliar. KPK bakal menindaklanjuti fakta persidangan soal dugaan keterlibatan pengusaha Suryo tersebut.

"Nanti jaksa KPK tentu akan membuktikan seluruh fakta-fakta yang ada dalam surat dakwaan dimaksud. Perlu disampaikan, fakta-fakta tersebut disusun jaksa berdasarkan hasil proses penyidikan sehingga semua akan dibuka pada proses di pengadilan Tipikor," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri.

3 dari 3 halaman

Namanya Disebut oleh Dewas KPK

Selain di kasus DJKA Kemenhub, nama Muhammad Suryo juga sempat disebut oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK dalam kasus kebocoran dokumen penyelidikan di Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM).

Suryo disebut oleh Pelaksana harian (Plh) Dirjen Minerba Kementerian ESDM Muhammad Idris Froyoto Sihite sebagai pemberi dokumen penyelidikan yang sedang dilakukan oleh KPK. Padahal, dokumen tersebut bersifat rahasia.

"Saat diperiksa oleh Dewas, saudara Muhammad Idris Fryoto Sihite menyatakan bahwa pernyataannya yang menyatakan kalau tiga lembar kertas yang ditemukan oleh penyidik berasal dari pak menteri dan dari pak Firli diubah menjadi diterima dari seseorang pengusaha yang bernama Suryo," kata Ketua Dewas KPK Tumpak Hatarongan Panggabean saat konferensi pers, pada Senin 19 Juni 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.