Sukses

Momen Jokowi Sapa Warga dan Anak-Anak Asmat

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyapa sejumlah warga Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan, usai meresmikan Bandara Ewer, Rabu (6/7/2023). Puluhan warga itu tampak telah menunggu Jokowi di luar kawasan Bandara Ewer, Kabupaten Asmat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyapa sejumlah warga Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan, usai meresmikan Bandara Ewer, Rabu (6/7/2023). Puluhan warga itu tampak telah menunggu Jokowi di luar kawasan Bandara Ewer, Kabupaten Asmat.

Berdasarkan video yang dibagikan fotografer Presiden Agus Suparto, puluhan warga itu menunggu Jokowi dengan menggunakan pakaian adat Papua. Mereka juga meneriakkan yel-yel saat Jokowi datang menghampiri.

Jokowi yang datang dengan kemeja putih pun langsung mendekati para warga dan menyampaikan terima kasih. Lalu, ada seorang warga yang datang membisiki Jokowi dan memberikan sebuah tas tradisional Papua yakni noken.

Tas yang terlihat berisi sesuatu tersebut, diterima oleh Jokowi dan menyerahkannya kepada salah satu anggota pasukan pengaman presiden (Paspampres). Jokowi kembali mendengar yel-yel warga Asmat sambil tersenyum.

"Presiden hebat. Jokowi Presiden yang ketujuh yang bisa lihat kami di lumpur dan hutan rimba ini," teriak warga Asmat.

"Asmat NKRI harga mati," teriak warga itu lagi.

Jokowi pun menyalami warga Asmat tersebut. Dia juga menyapa anak-anak warga Asmat. Bahkan, Jokowi memberikan tebak-tebakan kecil untuk mereka.

"Dua tambah dua berapa," tanya Jokowi.

"Empat," jawab seorang anak.

Jokowi pun tersenyum dan mengacugkan jempolnya. Di akhir video, Jokowi terlihat berfoto bersama dengan warga dan anak-anak Kabupaten Asmat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bandar Udara Ewer Siap Digunakan

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Bandar Udara Ewer yang berada di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan, sudah siap dimanfaatkan, mulai Kamis (6/7/2023). Khususnya, untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Kabupaten Asmat.

Dia menekankan pentingnya keberadaan Bandar Udara Ewer untuk mempercepat mobilitas masyarakat dan barang. Menurut dia, keberadaan Bandar Udara ini juga akan membuka isolasi di Kabupaten Asmat dan mempercepat kiriman logistik.

"Ini penting sekali konektivitas keterhubungan antar sebuah wilayah baik kabupaten, provinsi, maupun pulau karena akan mempercepat mobilitas orang dan mobilitas barang," kata Jokowi saat meresmikan Terminal Bandar Udara Ewer di Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Kamis (6/7/2023).

"Dan akan membuka isolasi akan mempercepat kiriman-kiriman logistik," sambungnya.

Dia mendapat laporan bahwa saat ini sudah ada dua kali penerbangan dari Timika ke Asmat setiap minggunya. Kemidian, empat kali penerbangan dari Kamur dan Merauke setiap minggu.

"Ini akan membuka wisata Asmat akan semakin meningkat," ujarnya.

Jokowi berharap Bandar Udara Ewer dapat membuat Kabupaten Asmat semakin berkembang dan maju. Dia ingin perekonomian di Asmat semakin meningkat dengan adanya bandara tersebut.

"Kita ingin dengan selesainya Bandara Asmat ini akan semakin Asmat semakin berkembang dan maju. Dan kita harapkan ekonomi di Kabupaten Asmat, di Provinsi Papua Selatan secara umum akan semakin baik dan semakin meningkat," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Asmat

Video Terkini