Sukses

Kemendag Siap Fasilitasi Anak Muda Indonesia di Australia Jadi Pengusaha

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menyebut akan memfasilitasi anak muda Indonesia di Australia agar bisa menjadi pengusaha sukses.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menyebut akan memfasilitasi anak muda Indonesia di Australia agar bisa menjadi pengusaha sukses. Dirinya berharap agar anak muda yang kelak menjadi pengusaha dapat mempromosikan Indonesia, baik dari segi produk, kuliner, seni, hingga pariwisata.

Zulhas pun mengaku senang jika ada anak muda yang memiliki semangat berkarya dan ingin menjadi pelaku usaha. Ia juga meminta kepada rekan-rekan di Australia untuk memiliki kemuan terus berkembang.

"Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan terbuka memfasilitasi karya dan usaha tersebut dengan bantuan seluruh perwakilan perdagangan," ucapnya.

"Di Australia dapat difasilitasi oleh Atase Perdagangan Canberra dan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Sydney," imbuh Zulhas.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa pelaku usaha dapat memanfaatkan sepenuhnya perjanjian perdagangan yang sudah ada, seperti Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA CEPA), ASEAN-Australia New Zealand Free Trade Agreement (FTA), dan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

"Pelaku usaha dan komunitas bisnis kedua negara dapat bersama menggali potensi yang belum tergarap dan meningkatkan kerja sama yang saling menguntungkan," ungkap Zulhas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Promosi Bisa Dilakukan Lewat Restoran

Selain itu, Wakil Kepala ITPC Sydney, Annisa Puspasari mengatakan bahwa promosi produk Indonesia melalui program Indonesian Spice Up the World dapat dilakukan melalui pembukaan restoran-restoran Indonesia di Australia.

"Indonesia Trade Promotion Cenre (IPTC) Sydney Selalu mendorong dan mendukung apabila diaspora Indonesia membuka restoran Indonesia, salah satunya dengan memakai bahan baku bumbu dari Indonesia," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, CEO PT Sadjian Bumi Indonesia, Faramita Noviani merasa terbantu dengan fasilitas yang diberikan Kementerian Perdagangan dalam mengembangkan usahanya.

"Kami berterima kasih kepada Kementerian Perdahangan, khususnya ITPC Sydney karena sudah memberikan fasilitas kepada kami untuk mengikuti pameran Fine Food 2023 di Melbourne, dua hari ikut pameran, produk kami sudah habis," ujarnya.

Sebagai informasi, pertemuan yang dilakukan Mendag Zulhas dengan diaspora Indonesia di Australia dilakukan di Restoran Garam Merica yang terletak di tengah Kota Sydney. Restoran tersebut dimiliki oleh diaspora Indonesia yang bekerja sama dengan importir makanan dan minuman Indonesia asal Australia. Dengan kata lain, seluruh produk yang digunakan dan dijual di restoran tersebut berasal dari Indonesia.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.