Sukses

Gempa M 6,4 di Bantul Yogyakarta Dirasakan hingga Kota Sukabumi

Gempa bumi Magnitudo 6,4 mengguncang Barat Daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (30/7/2023). Gempa yang terjadi pukul 19.57 WIB itu juga dirasakan hingga Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Gempa bumi Magnitudo 6,4 mengguncang Barat Daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (30/7/2023). Gempa yang terjadi pukul 19.57 WIB itu juga dirasakan hingga Kota Sukabumi, Jawa Barat.

"Meskipun hanya beberapa detik getaran gempa Bantul, cukup terasa di Kota Sukabumi. Kami sudah menginstruksikan petugas untuk bersiaga antisipasi ada dampak," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Novian Rahmat di Sukabumi, dilansir Antara.

Gempa dengan Magnitudo 6,4 berpusat 86 kilometer Barat Daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Guncangan dirasakan Kudus, Jawa Tengah dan Malang, Jawa Timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, pusat gempa berada di kedalaman 25 kilometer.

"Info Gempa Mag:6.4, 30-Jun-23 19:57:43 WIB, Lok:8.63 LS,110.08 BT (86 km BaratDaya BANTUL-DIY), Kedlmn:25 Km ::BMKG," tulis BMKG dalam laman resminya.

"Terasa gempanya selama beberapa detik. Bergoyang-goyang. Gantungan kunci kamar sampai bergoyang juga," ujar Charusella, warga Melati Kidul, Kudus.

Gempa bumi tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. "Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antisipasi Sebelum Terjadi Gempa

1. Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempa bumi.

2. Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung.

3. Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran. Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempa bumi.

4. Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempa bumi.

5. Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah.

6. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempa bumi terjadi.

7. Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran.

8. Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan.

9. Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.