Sukses

4 Fakta Terkait Pertemuan Makan Siang Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto di Istana Bogor, Bahas Politik?

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat (Jabar).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat (Jabar).

Prabowo Subianto pun mengunggah potret kebersamaan mereka di akun sosial media Instagram miliknya @prabowo pada Minggu malam 18 Juni 2023. Bakal calon presiden atau bakal capres Partai Gerindra itu menggunggah dua foto.

Foto yang diunggah sekitar pukul 20.30 WIB itu memperlihatkan Prabowo dan Jokowi sedang makan siang bersama. Ada berbagai lauk, kerupuk, dan buah-buahan terhidang di depan mereka. Hidangan tersebut dilengkapi dengan kelapa muda segar.

Menurut Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Presiden Jokowi mengajak Prabowo makan siang bersama lantaran sama-sama berada di Bogor.

"Itu makan siang kemarin jadi kemarin Bapak Presiden makan siang bersama Bapak Prabowo, jadi bapak presiden kan memang tinggal di Istana Bogor," kata Bey, Senin (19/6/2023).

"Nah mengetahui Pak Prabowo sedang di Bogor juga, di Hambalang, presiden mengajak makan siang," sambungnya.

Bey tak menjawab lugas saat ditanya apakah Jokowi dan Prabowo membahas soal politik. Namun, Bey menyebut keduanya membahas soal masalah-masalah aktual dan juga terkait alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI.

"Ya pasti ada yang diobrolkan. Pasti masalah-masalah aktual, mungkin juga masalah alutsista TNI," ujar Bey.

Berikut sederet fakta terkait Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Bogor dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Prabowo Subianto Unggah Potret Makan Siang Bareng Jokowi di Istana Bogor

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Prabowo Subianto pun mengunggah potret kebersamaan mereka di akun Instagramnya, @prabowo, Minggu malam 18 Juni 2023.

Ada 2 foto yang diunggah bakal calon presiden Partai Gerindra tersebut.

Foto yang diunggah sekitar pukul 20.30 WIB itu memperlihatkan Prabowo dan Jokowi sedang makan siang bersama. Ada berbagai lauk, kerupuk, dan buah-buahan terhidang di depan mereka. Hidangan tersebut dilengkapi dengan kelapa muda segar.

Unggahan itu, pada pukul 21.32 WIB, Minggu 18 Juni 2023 mendapat 14.518 likes dari netizen.

Prabowo hanya menuliskan, "Istana Bogor" pada captionnya. Tidak ada keterangan kapan pertemuan itu dilakukan.

 

3 dari 5 halaman

2. Presiden Jokowi Ajak Makan Siang Prabowo Subianto Karena Sama-Sama di Bogor

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, Jokowi mengajak Prabowo makan siang bersama lantaran sama-sama berada di Bogor.

"Itu makan siang kemarin jadi kemarin Bapak Presiden makan siang bersama Bapak Prabowo, jadi bapak presiden kan memang tinggal di istana Bogor," kata Bey, Senin (19/6/2023).

"Nah mengetahui Pak Prabowo sedang di Bogor juga, di Hambalang, presiden mengajak makan siang," sambungnya.

 

4 dari 5 halaman

3. Presiden Jokowi Memang Biasa Bertemu Menteri Lain

Bey menepis jika belakangan ini Jokowi sering bertemu Prabowo. Menurutnya, Jokowi juga biasa bertemu dengan menteri-menteri lain pada akhir pekan.

"Ah enggak dengan menteri-menteri kan biasa kalau dengan Pak Menhan, dengan menteri-menteri lain biasa, di hari Minggu pun kadang-kadang hari Minggu hari Sabtu bapak Presiden biasa bertemu menteri-menteri," tuturnya.

 

5 dari 5 halaman

4. Bahas Politik?

Dalam pertemuan itu, Bey tak mengungkap spesifik apakah ada pembahasan politik atau tidak. Yang pasti, kata dia, ada pembicaraan masalah aktual maupun alutsista.

"Ya pasti ada yang diobrolkan," kata Bey.

"Pasti masalah-masalah aktual, mungkin juga masalah alutsista," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.