Sukses

Masuk Libur Sekolah, Pergerakan Pesawat dan Penumpang di Bandara Soetta Meningkat

PT Angkasa Pura II memprediksi, pada Juni hingga Juli 2023, jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mengalami peningkatan mencapai 4,9 juta penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki liburan sekolah, pergerakan pesawat dan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta terjadi peningkatan. Bukan hanya karena libur sekolah, cuti bersama yang sudah ditetapkan pemerintah juga menjadi penyebab peningkatan tersebut.

PT Angkasa Pura II memprediksi, pada Juni hingga Juli 2023, jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mengalami peningkatan mencapai 4,9 juta penumpang.

"Jika dibandingkan Juni–Juli 2022 trend tersebut, mendapati peningkatan lebih besar yakni dengan total 23 persen. Hal tersebut beriringan dengan kenaikan jumlah pergerakan pesawat yang menyentuh angka 1.138 per hari, dengan total 32.624 pergerakan pesawat pada bulan Juni–Juli 2023," tutur Executive General Manager (EGM) Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana.

Menurutnya, tren positif ini disambut baik oleh Bandara Soekarno-Hatta dan seluruh stakeholder. Fasilitas layanan dan operasi di Bandara pun dipastikan siap untuk melayani tingginya lalu lintas penerbangan pada musim liburan.

“Kami melihat antusias masyarakat pada musim liburan sekolah ini mengalami peningkatan, Bandara Soekarno-Hatta telah memastikan kesiapan baik dari fasilitas di sisi udara (air side) dan sisi darat (land side). Berdasarkan informasi dari maskapai, diperkirakan jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta hariannya mencapai 178.979 penumpang, ” ujar Dwi Ananda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

20 Tambahan Rute Baru Domestik

Dwi Ananda menuturkan, selama periode Januari-Mei 2023 terdapat penambahan 20 rute baru Domestik dan 21 rute Internasional.

Hal ini kemungkinan akan terus bertambah, terbaru penambahan rute oleh Air Asia dengan rute Perth (Australia), Ho Chi Minh (Vietnam) & Serawak (Malaysia) pada bulan Juni ini,.

Selanjutnya untuk rute 5 teratas penerbangan domestik dari Bandara Soekarno-Hatta ialah Denpasar (DPS), Kualanamu (KNO), Surabaya (SUB), Makassar (UPG), & Pontianak (PNK).

Sedangkan untuk rute Internasional dipegang oleh Singapura (SIN), Kuala Lumpur (KUL), Jeddah (JED), Doha (DOH), & Madinah (MED).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.