Sukses

Ibunda Kapolda Jabar Meninggal Dunia, Ridwan Kamil: Beliau Sosok Guru Teladan

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Kang Emil menyampaikan duka cinta mendalam atas wafatnya Opih Sopiah (81 tahun), ibunda dari Kapolda Jabar Irjen Akhmad Wiyagus.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Kang Emil menyampaikan duka cinta mendalam atas wafatnya Opih Sopiah (81 tahun), ibunda dari Kapolda Jabar Irjen Akhmad Wiyagus.

Ucapan duka disampaikan Kang Emil saat melayat ke rumah duka di Kawasan Cikalang, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Senin (12/6/2023).

Di mata Kang Emil, ibunda Irjen Akhmad itu merupakan sosok teladan. "Almarhumah sosok guru yang menjadi teladan bagi keluarga dan anak didiknya," ujar Kang Emil kepada wartawan.

Saat tiba di rumah duka, Ridwan Kamil diterima langsung oleh Irjen Akhmad Wiyagus dan Oma Harmanto, suami almarhumah.

Irjen Akhmad yang tak kuasa menahan duka merebahkan wajahnya di pundak Kang Emil dan dibalas dengan rangkulan erat tangan Sang Gubernur.

Momen ini terlihat sangat mengharukan. Keluarga yang menyaksikan peristiwa ini terdiam beberapa saat.

"Insyaallah almarhumah husnul khotimah," bisik Kang Emil kepada Irjen Akhmad Wiyagus.

Ibunda Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus meninggal dunia, pada Sabtu 18.30 WIB di Kota Tasikmalaya, karena sakit. Ucapan belangsungkawa datang dari sejumlah pejabat, tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga berbagai kalangan.

Ratusan karangan bunga berjejer di sepanjang jalan menuju rumah duka. Ucapan duka cita antara lain datang dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Mendagri Tito Karnavian, KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pejabat Forkopimda Jabar, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Forkopimda Jatim, kalangan pondok pesantren di Jabar dan Jatim, Wakil Ketua PSSI, PP PBSi, dan sejumlah kalangan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ibunda Kapolda Jabar Pensiunan Guru SD, Tiga Anaknya Merupakan Perwira Polri

Jenazah almarhumah disemayamkan di rumah duka untuk kemudian disalatkan. Jenazah almarhumah dimakamkan Minggu (11/6) sekitar pukul 09.00 WIB di permakaman keluarga, Kampung Cipeusar, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya.

Ratusan pelayat turut mengantarkan jenazah almarhumah ke tempat peristirahatan terakhir. Sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, para pejabat daerah, para kapolres tampak hadir dalam prosesi pemakaman tersebut.

Almarhumah yang merupakan pensiunan kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lengkong Sari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmala meninggalkan enam orang anak, dua perempuan dan empat laki-laki. Tiga di antara anaknya yang laki-laki merupakan anggota Polri lulusan Akademi Kepolisian (Akpol).

Ketiganya yaitu Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus,SIK, (Kapolda Jabar), Brigjen Pol Yusep Gunawan,SIK, (Wakapolda Jatim), dan AKBP M Agung Gumilar,SIK, (Kapolres Pulau Buru Selatan).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.