Sukses

Penumpang MRT dan Transjakarta Masih Banyak yang Pakai Masker, Apa Alasannya?

PT MRT Jakarta dan Tranjakarta telah mengizinkan penumpangnya untuk tidak menggunakan masker.

Liputan6.com, Jakarta - PT MRT Jakarta telah mengizinkan penumpangnya untuk tidak menggunakan masker di dalam kereta. Hal ini sehubungan dengan adanya Surat Edaran (SE) Dinas Perhubungan Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 26/SE/2023 Tentang Imbauan Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Dalam Sarana dan Prasarana Angkutan Umum pada Masa Transisi Menuju Endemi.

SE itu mengatur bahwa per Jumat, 9 Juni 2023, penumpang diperkenankan untuk tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19.

"Dianjurkan tetap menggunakan masker tertutup dengan baik apabila dalam keadaaan tidak sehat atau berisiko Covid-19 sebelum dan saat melakukan perjalanan serta kegiatan di fasiltas publik," tulis MRT dalam rilis resminya, dikutip Senin (12/6/2023).

Berdasarkan pantauan merdeka.com di Stasiun MRT Fatmawati, hampir seluruh penumpang MRT masih menggunakan masker. Bahkan, petugas keamanan di dalam stasiun pun masih memakai masker.

Meski demikian, setibanya di Stasiun MRT Bundaran HI, seluruh petugas kompak tak menggunakan masker.

Salah satu pengguna MRT, Shania (25) mengatakan, ia sudah terbiasa menggunakan masker. Oleh karena itu, ia tetap menggunakan masker meskipun di dalam transportasi umum ini.

"Lagi sehat kok, enggak sakit. Kan sudah kebiasaan. Mau ada aturan juga kayaknya tetap bakal pakai deh," kata Shania sambil tertawa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penumpang Tranjakarta Banyak yang Masih Pakai Masker

Tak hanya di MRT, petugas pramusapa di dalam Halte Transjakarta Bundaran HI juga masih menggunakan masker.

Begitu pula dengan penumpang di dalam bus, hampir seluruhnya masih menggunakan masker. Meski demikian, di dalam bus, petugas pramusapa dan sopir sudah tak lagi menggunakan masker.

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) sendiri juga sudah memperbolehkan warga DKI Jakarta dan sekitarnya yang menggunakan layanannya untuk melepas masker di dalam bus.

"Sahabat TiJe, sesuai SE Dishub Provinsi DKI Jakarta No. 26 Tahun 2023, pelanggan diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker saat menggunakan layanan Transjakarta apabila sedang dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19," demikian dikutip dari akun Twitter resmi @PT_Transjakarta Minggu (11/6).

Pengguna layanan PT TransJakarta diperbolehkan membuka masker jika tengah dalam kondisi sehat. Namun jika tengah dalam kondisi kesehatan menurun, maka disarankan tetap menggunakan masker dengan baik dan benar.

 

 

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.