Sukses

Respons Kubu Anies yang Tak Pernah Dapat Endorse Jokowi, Ungkit Sempat Jadi Jurkam hingga Menteri

Sikap Presiden Jokowi yang tidak pernah mengendorse calon presiden (capres) Anies Baswedan ternyata menjadi sebuah pertanyaan.

Liputan6.com, Jakarta - Sikap Presiden Jokowi yang tidak pernah meng-endorse calon presiden (capres) Anies Baswedan ternyata menjadi sebuah pertanyaan. Padahal, sudah beberapa kali Jokowi secara terang-terangan meng-endorse kandidat lain, seperti Ganjar Pranowo sampai Prabowo Subianto.

Menanggapi hal itu, juru bicara Anies Baswedan, Sudirman Said, pun mengaku tak tahu alasannya. Padahal, sosok Anies disebutnya bukan orang asing bagi Jokowi dengan sejumlah posisi jabatan yang sempat diembannya. Mulai dari juru kampanye sampai menteri pada era Jokowi.

"Ini judul beritanya, pertanyaanmu (tak pernah endorse) saja itu, yang dijadikan judul berita. Kenapa gitu? Anies itu menteri pertama Jokowi yang berprestasi lho, tidak ada yang bilang Anies tidak berprestasi. Kemudian diberhentikan juga enggak protes," kata Sudirman saat jumpa pers, Rabu (7/6).

Bahkan, Sudirman mengungkit saat Anies menjabat sebagai Gubernur DKI juga telah banyak meneruskan program yang dicanangkan saat era Jokowi menjabat sebagai Gubernur. Termasuk, juga turut memberikan kontribusi kepada Jokowi untuk pemerintah pusat.

"Selama jadi gubernur, banyak sekali program Pak Jokowi yang diselesaikan. MRT diselesaikan. Tata kota juga diperbaiki itu juga tidak dilepaskan dari rancangan Pak jokowi juga. Dan penyelesaian Covid itu juga andalan juga," tuturnya.

"Sebagai contoh bagaimana covid diselesaikan, sangat membantu reputasi pemerintah nasional juga. Tapi Pak Anies tidak pernah melakukan perlawanan apa pun," tambah dia.

Meski demikian, Sudirman mengatakan Anies pun secara personal tidak berharap mendapatkan endorse dari Jokowi karena hal itu tidak adil. Karena seorang Presiden seharusnya mendukung semua kandidat.

"Kami sih tidak ingin Presiden Joko Widodo meng-endorse Pak Anies. Tidak. Karena itu tidak fair. Tapi meng-endorse-lah semua kalau mau endorse. Ini putra terbaik bangsa, silakan maju berkompetisi," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Jokowi Netral

Selain itu, Sudirman juga menyarankan apabila Jokowi tidak ingin mendukung kandidat, lebih baik bersikap netral, dengan membiarkan kompetisi berjalan dengan fair dan rakyat menentukan pilihannya tanpa pengaruh presiden.

"Atau betul-betul netral agar siapa pun yang bertarung itu hasilnya dari masyarakat. Jadi kita bertanya juga kenapa demikian dan semua pun bertanya kenapa demikian," kata dia.

"Pada saat setiap kali datang ke media, diskusi, ditanyakan kenapa kok begitu? Tapi jawabannya belum ada sampai sekarang, mengapa keadaannya kok begitu. Jadi kita juga sambil cari jawabannya," sambungnya.

Sumber: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini