Sukses

Viral Hiu Paus Muncul di Perairan Jakarta, Ini Penjelasan Dinas KPKP

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengatakan, kejadian tersebut sudah terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar video yang merekam sejumlah hiu paus sedang berada di perairan Jakarta. Hiu paus tersebut nampak muncul di permukaan air.

Adapun video tersebut diunggah akun Instagram @jakut.info. Dalam keterangan unggahan tersebut, kemunculan hiu paus itu terjadi pada Sabtu (3/6/2023) lalu.

Menanggapi itu, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengatakan, kejadian tersebut sudah terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

"Kehadiran hiu paus atau Rhincodon typus di perairan Kepulauan Seribu terindikasi bahwa wilayah tersebut merupakan salah satu alur migrasi dari Hiu Paus dan juga terdapat ikan-ikan kecil sebagai sumber makanannya," kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati, Dikutip Selasa (6/6/2023).

Eli menambahkan, kemunculan hiu paus tersebut menandakan laut Kepulauan Seribu masih baik.

"Hal ini menandakan kondisi perairan laut Kepulauan Seribu masih terjaga," ujar Eli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Nelayan Tak Mengganggu Keberadaan Hiu Paus

Lebih lanjut, Eli berharap nelayan dan masyarakat untuk tidak menabrak dan mengganggu hiu paus itu serta tidak melakukan penangkapan.

"Hewan ini berstatus terancam punah dan merupakan hewan yang dilindungi secara nasional melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 tahun 2013 tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Hiu Paus dan bahkan di lingkup internasional oleh The International Union for Conservation of Nature (IUCN)," jelas Eli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.