Sukses

Transaksi Capai Rp2,06 M, Pemko Medan Bantu Dongkrak Penjualan Sepatu UMKM

Strategi Pemko medan dalam mengembangkan UMKM melalui penayangan produk di Katalog Elektronik Lokal Kota Medan semakin membuahkan hasil.

Liputan6.com, Medan Strategi Pemko medan dalam mengembangkan UMKM melalui penayangan produk di Katalog Elektronik Lokal Kota Medan semakin membuahkan hasil. Hal itu terlihat dari nilai transaksi sepatu penyedia UMKM pada 2022 yang mencapai Rp2.067.545.907.

Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa/Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa Kota Medan, Alex Sinulingga mengungkapkan bahwa penayangan penyedia barang dan jasa UMKM ke katalog elektronik memberikan pengaruh positif dalam mengembangkan UMKM.

"Selain itu, penayangan ini juga membuka kesempatan lebih luas bagi pelaku UMKM untuk menjadikan Pemko Medan sebagai pasar," ungkapnya.

Alex juga menyebut bahwa sepanjang tahun 2022 nilai transaksi UMKM cukup menggembirakan.

"Sepanjang 2022, nilai transaksi penyedia UMKM untuk produk makanan dan minuman sebesar Rp26.798.080.660, sepatu Produk UMKM Kota Medan mencapai Rp2.067.545.907, alat tulis kantor Rp137.107.300, serta pakaian dinas dan kain tradisional Kota Medan Rp54.507.500," sebutnya.

Alex berharap agar para pelaku UMKM di Medan dapat memanfaatkan katalog elektronik lokal ini untuk memasarkan produk.

"Soal persyaratan perizinan, tidak perlu dikhawatirkan. Wali Kota Medan Bobby Nasution telah mengarahkan agar perangkat daerah berkolaborasi untuk mendukung UMKM, termasuk soal kemudahan dalam pengurusan perizinan," ujarnya.

"Dengan masuknya UMKM ke katalog elektronik lokal akan memudahkan mendapatkan pesanan dari perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan," tambah Alex.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Pelaku UMKM

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan Medan, Benny Iskandar Nasution menjelaskan bahwa untuk mengembangkan UMKM, Pemko Medan terus mendorong dan membantu pelaku UMKM tayang di Katalog Elektronik Lokal, termasuk untuk produk sepatu.

"Penyedia UMKM produk sepatu yang telah tayang di Katalog Elektronik Lokal Kota Medan antara lain Alimda Group, Bersaudara Jaya, Kotama, Sinar Bintang Buana, Steven Suwigno, dan Tikko Shoes," jelasnya.

"Produk sepatu para penyedia UMKM ini antara lain sepatu sekolah, olahraga, boot, juga pantofel," imbuh Benny.

Tak hanya produk sepatu saja, produk-produk UMKM lainnya pun telah tayang di Katalog Elektronik Lokal Kota Medan dan menghasilkan transaksi. Berdasarkan data Bagian Pengadaan Barang Jasa/Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa Kota Medan menunjukkan bahwa hingga 17 Januari sebanyak 107 UMKM telah tayang di Katalog Elektronik Lokal Kota Medan.

Secara rinci, jenis produk UMKM yang tayang di Katalog Elektronik Lokal Kota Medan yakni makanan minuman sebanyak 70, alat tulis kantor sebanyak 15, pakaian dinas dan kain tradisional Kota Medan sebanyak 7, sepatu produksi UMKM Kota Medan sebanyak 11, seragam sekolah sebanyak 2, dan souvenir sebanyak 2.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.