Sukses

Heru Budi Pilih Monas Jadi Lokasi Pencanangan HUT ke-496 Jakarta, Ini Alasannya

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono resmi melakukan pencanangan jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-496 tahun itu.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta akan berulang tahun ke-496 tahun pada 22 Juni 2023 besok. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono resmi melakukan pencanangan jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-496 tahun itu.

Tak seperti tahun sebelumnya di era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pencanangan HUT Jakarta di lakukan di Kepulauan Seribu. Heru memilih Monumen Nasional (Monas) sebagai lokasi pencanangan.

Menurut dia, ada sejumlah latar belakang yang menjadi alasan Monas dipilih sebagai lokasi pencangan HUT ke-496 Jakarta. Lantas, Heru pun menyampaikan sejumlah makna yang dia maksud.

"Kita, saya, memilih di sini ada sebuah makna. makna yang pertama, di Monas, sebuah bagian dari titik tempat sejarah berdirinya DKI Jakarta dan simbol DKI Jakarta. Pak Aspem dan seluruh jajaran panitia saya ucapkan terima kasih, keinginan saya adalah seperti ini, termasuk Kepala Dinas KPKP, para asisten, semuanya," kata Heru di Monas Sisi Utara, Jakarta Pusat, Minggu (21/5/2023).

Makna kedua, lanjut Heru karena Monas mencerminkan keterbukaan. Dia menyebut, keterbukaan yang ada di alam tepat digunakan untuk sebuah acara.

"Artinya terbuka adalah pemerintah daerah terbuka untuk seluruh masyarakat jakarta maupun masyarakat Indonesia, termasuk juga pejabatnya terbuka terhadap keluhan masyarakat," jelas dia.

Ketiga, kata dia punya makna sebagai manusia juga perlu punya hubungan yang dekat dengan alam semesta. Alam, ujar dia mesti dijaga dan dilindungi.

"Kita harus akrab dengan alam semesta, maka kiri-kanan kita ada pohon, ada lainnya, yang memang patut kita lindungi," ucapnya.

"Terakhir, keempat adalah ekosistem, kita manusia tidak lepas dari ekosistem, yang tadi pak sekda sampaikan. ada pohon, ada ada sebuah kehidupan, hari ini kita melepas burung mungkin sebanyak 496 (ekor)," sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diikuti 500 Orang Peserta

Adapun, pencanangan ini, diikuti sekitar 500 orang peserta meliputi seluruh Wali Kota administrasi Jakarta atau Bupati.

Diketahui, tahun lalu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi membuka rangkaian Jakarta Hajatan ke-495 di Pulau Bidadari di Kepulauan Seribu, Jakarta hari ini, Selasa 24 Mei 2022.

Berdasarkan pantauan, Anies tiba di dermaga Marina Ancol pukul 06.20 WIB. Usai dari dermaga, Anies beserta rombongan Pemprov DKI disiapkan masing-masing satu kapal yang terdiri dari rombongan VVIP dan VIP.

Anies tiba di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu pada pukul 07.00 WIB. Anies hadir didampingi istrinya, Fery Farharti. Sesampainya di Pulau Bidadari, Anies disambut oleh Putra-Putri Bahari.

Selain itu, bersama Anies turut datang Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria beserta isteri Ellisa Sumarlin dan jajaran kepala dinas Pemprov DKI Jakarta.

Pada kesempatan itu, Anies beserta rombongan mengenakan baju kaos berwarna putih dengan tulisan "Jakarta Hajatan" dilanjutkan tulisan tema "Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi" di bagian dada sebelah kiri.

Selanjutnya Anies terlihat langsung menuju panggung utama untuk persiapan dimulainya rangkaian acara pencanangan Jakarta hajatan yang dilaksanakan secara luring dan daring.

“Hajatan erat kaitannya dengan kemeriahan dan pesta, apalagi kata hajatan ini dekat dengan budaya Betawi, di mana kami ingin mengajak seluruh warga Jakarta untuk merayakan bersama, berpesta bersama atas setiap usaha dan karya yang sudah tercipta di Kota Jakarta,” kata Anies.

3 dari 3 halaman

Gelar Perayaan HUT selama 1 Bulan

Kala itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan HUT ke-495 Jakarta selama sebulan penuh mulai 24 Mei hingga 25 Juni 2022. Bertajuk "Jakarta Hajatan" dengan tema Kolaborasi, Akselerasi, dan Elevasi.

Sekda Pemprov DKI Jakarta Marullah Matali mengatakan hajatan serta tema yang dipilih itu memiliki makna selebrasi yang kental dengan nuansa Indonesia, seperti resepsi, selamatan, dan sejenisnya atas sebuah capaian yang erat kaitannya dengan kolaborasi, akselerasi, dan elevasi.

Rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 juga diisi dengan berbagai acara yakni, Jakarta Weekend Walking, Cycling and Running Tour, Jakarta International Java Jazz.

Selain itu, rangkaian acara dilanjutkan dengan melakukan Upacara Ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Upacara Peringatan HUT Ke-495 Kota Jakarta, Jakarta Concert di Taman Ismail Marzuki (TIM), Pekan Kolaborasi Daerah, Formula-E, Jakarta Awards, Malam Resepsi.

Tak hanya itu, akan ada pergelaran dan perayaan lainnya, seperti aktivasi mural wilayah, instalasi, pertunjukkan musik, pameran, hingga acara rutin, yakni Upacara dan Sidang Paripurna DPRD.

Selanjutnya Jakarta Hajatan ke-495 akan ditutup dengan Closing Ceremony bersamaan dengan Grand Launching Jakarta International Stadium pada 25 Juni 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.