Sukses

Penyebab Kebakaran Pabrik Plastik Daur Ulang di Jakbar

Api melumat pabrik plastik daur ulang Jalan Gaga Rawa Kompeni, Kamal, Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (19/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Api melumat pabrik plastik daur ulang Jalan Gaga Rawa Kompeni, Kamal, Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (19/5/2023). Kasie Ops Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Barat, Syarifuddin mengatakan, penyebab kebakaran diduga akibat permasalahan pada instalasi listrik.

"Diduga akibat kerusakan pada instalasi kelistrikan," kata Syarifuddin.

Syarifuddin mengatakan, obyek yang terbakar ialah lapak plastik dengan area cukup luas dan material banyak sehingga menyulitkan proses pemadaman.

Sebanyak 19 unit dengan total 90 personil selama hampir lima jam berjibaku dengan si jago merah akhir berhasil memadamkan api.

"Dilaporkan pada pukul 14.55 WIB telah terlokalisir. Waktu pendinginan 16.30 WIB, waktu selesai operasi 18.42 WIB," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Korban Jiwa

Syarifuddin menyebut, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun dua anggota Sudin Gulkarmat Jakbar dan satu orang relawan sempat terkapar.

"Tapi Alhamdullah yang satu sudah agak segar dan satu lagi sedang dapat oksigen. Sementara dari Tim relawan itu juga sama kondisinya masih dikasih oksigen total ada tiga orang Mereka nggak pingsan cuma hawa panas dan meningkat jadi asap sesak karena memang asap tebal dan begitu panas sekali," ujar dia.

Syarifuddin mengatakan, belum diketahui kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran.

"Kerugian kita belum bisa Taksir karena berkoordinasi dengan penyidik juga pemilik juga belum kami temui," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.