Sukses

Ini Situs untuk Mengitung Nilai Akhir PPDB Jalur Prestasi

Laman web ini dapat menunjukkan nilai akhir CPDB agar tak bimbang dalam menentukan PPDB jalur prestasi yang diambil.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta membuat laman web khusus untuk menghitung nilai akhir calon peserta didik baru (CPDB) sebelum Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 dimulai.

Diketahui, nilai akhir berguna bagi CPDB yang ingin mendaftar PPDB jalur prestasi. Adapun terdapat dua jalur prestasi, yaitu akademik dan nonakademik.

Laman tersebut dapat diakses dalam tautan https://sidanira.jakarta.go.id/simulasiprestasi2.

"Dalam web kita, ada kita siapkan Sidanira V.2. Jadi masyarakat bisa menghitung di situ, bisa menghitung sendiri indeks prestasinya dengan memasukkan kelas berapa, kemudian prestasi akademiknya berapa," kata Wakil Kepala Disdik DKI Jakarta Purwosusilo saat rapat dengan Komisi E DPRD, Jumat (19/5/2023).

Purwosusilo menjelaskan, laman web ini dibuat berdasarkan hasil rekomendasi saat pihaknya melakukan focus group discussion (FGD) terkait PPDB 2023.

"Jadi pada saat FGD, dapat satu masukkan tolong bantu masyarakat bisa menghitung sendiri dulu deh sebelum menentukan jalur prestasi akademik atau nonakademik," ujar Purwosusilo.

"Jadi kalau masyarakat punya data-data nilai rapor, punya sertifikat kejuaraan akdemik (dan) nonakademik, punya sertifikat kepengurusan organisasi, masyarakat bisa memasukkan ya ke dalam sistem itu," sambungnya.

Maka dari itu, Purwosusilo menegaskan bahwa laman web ini dapat menunjukkan nilai akhir CPDB agar tak bimbang dalam menentukan PPDB jalur prestasi yang diambil.

"Maka masyarakat untuk saat ini bisa menghitung terlebih dahulu sebelum menentukan mengambil jalur prestasi yang akademik atau jalur prestasi yang nonakademiknya. Nah ini salah satu pengembangan kita melayani masyarakat," ucap Purwosusilo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Ikut PPDB Bisa Verifikasi

Saat ini, warga Jakarta yang ingin mengikuti PPDB DKI untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMA sudah bisa melakukan verifikasi Kartu Keluarga (KK) dan pengajuan akun.

Namun, pengajuan akun dan verifikasi KK PPDB Jakarta 2023 dibuka secara bertahap. Hingga hari ini, baru jenjang SD dan SMP yang dapat melakukan verifikasi.

Pada laman ppdb.jakarta.go.id, pendaftaran PPDB untuk jenjang SD resmi dibuka sejak Senin, 15 Mei 2023. Sementara itu, pengajuan akun PPDB SMP, baru dapat dilakukan 19 Mei 2023, dan 24 Mei 2023 untuk pengajuan akun PPDB jenjang SMA dan SMK.

Cara pengajuan akun PPDB baik di jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK Jakarta 2023 secara teknis tak memiliki perbedaan. Hanya saja, CPDB dapat melihat jalur pendaftaran yang diterapkan di masing-masing jenjang.

Pada jenjang SD, jalur pendaftaran meliputi penyandang disabilitas, anak panti dan anak nakes yang meninggal dunia dalam penanganan Covid-19, DTKS, mitra Transjakarta, KPJ, zonasi, pindah tugas orang tua dan anak guru, tahap kedua, dan tahap ketiga.

Sementara itu, untuk PPDB jenjang SMP jalur pendaftarannya mempunyai tambahan antara lain, prestasi akademik, prestasi non akademik, penyandang disabilitas, anak panti dan anak nakes yang meninggal dunia dalam penanganan Covid-19.

Kemudian, DTKS, KJP Plus sekaligus PIP, KJP Plus, mitra Transjakarta, KPJ, zonasi, pindah tugas orang tua dan anak guru, serta tahap kedua.

Lalu, PPDB jenjang SMA dan SMK jalur pendaftarannya meliputi prestasi akademik, prestasi non akademik, penyandang disabilitas, anak panti dan anak nakes yang meninggal dunia dalam penanganan Covid-19, DTKS.

Selanjutnya, ada KJP Plus sekaligus PIP, KJP Plus, mitra Transjakarta, KPJ, zonasi, pindah tugas orang tua dan anak guru, serta tahap kedua, dan tambahan PPDB bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.