Sukses

Aduan Jalan Rusak di Instagram Jokowi Tembus 100 Ribu Komentar, Bagaimana Kelanjutannya?

Presiden Jokowi sebelumnya mempersilakan masyarakat melapor kepada dirinya apabila jalan di daerahnya masih rusak parah dan lama tak diperbaiki. Laporan bisa disampaikan lewat akun medsos Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat menyerbu kolom komentar Instagram Presiden Joko Widodo atau Jokowi, begitu unggahan soal aduan terkait jalan rusak dibuka pada Jumat 5 Mei 2023. Total sudah 100.000 lebih komentar di unggahan Instagram Jokowi tersebut, termasuk aduan jalan rusak di daerah.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin mengatakan aduan tersebut menjadi sarana untuk melakukan kroscek data yang dimiliki Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait infrastruktur jalan.

"Justru dengan adanya pengaduan masyarakat/warganet di akun media sosial Presiden Jokowi, dapat dilakukan cross check, antara data dari Kementerian PUPR dengan data yang disampaikan warganet, sehingga akan lebih tepat sasaran," kata Bey kepada wartawan, Senin (15/5/2023).

Menurut dia, Kementerian PUPR sebetulnya telah melakukan pendataan dan juga surveiruas jalan rusak di seluruh provinsi. Survei dilakukan Balai Besar/Balai Pelaksanaan Jalan Nasional yang ada di daerah.

Di sisi lain, Bey menyampaikan anggaran yang disiapkan Kementerian PUPR untuk perbaikan jalan di seluruh Indonesia tahun anggaran 2023-2024, sebesar Rp32,7 Triliun sesuai hasil Rapat Terbatas yang dipimpin oleh Bapak Presiden. Anggaran ini telah dituangkan ke dalam Inpres No. 3 Tahun 2023 tentang Jalan Daerah.

"Secara bertahap perbaikan (jalan rusak) akan segera dilakukan, seperti di Provinsi Lampung akan segera dimulai perbaikan paling lambat Juli 2023 karena harus ada proses lelang," tutur Bey.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Persilakan Masyarakat Lapor Jalan Rusak di Daerah

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat melapor kepada dirinya apabila jalan di daerahnya masih rusak parah dan lama tak diperbaiki. Jokowi mempersilakan masyarakat menyampaikan melalui akun media sosial miliknya.

"Apabila jalan di daerah Anda masih rusak parah dan sudah lama tidak diperbaiki, sampaikan kepada saya melalui kolom komentar dan kirim video melalui pesan langsung di akun Instagram ini," kata Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Jumat (5/5/2023).

Dia menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur jalan untuk mendukung arus mobilitas barang dan orang. Jokowi menuturkan biaya logistik bisa ditekan apabila mobilitas orang dan barang lancar.

"Mobilitas yang lancar akan membantu menurunkan biaya logistik dan harga barang di pasar-pasar," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini