Sukses

Polisi Selidiki Laporan Petugas KRL yang Dipecat Karena Disebut Lecehkan Penumpang

Polda Metro Jaya telah memulai penyelidikan terhadap laporan yang dilayangkan Petugas KRL bernama Diray karena dituding melakukan pelecehan secara verbal terhadap seorang penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya telah memulai penyelidikan terhadap laporan yang dilayangkan Petugas KRL bernama Diray. Pelaporan dilayangkan karena merasa dituduh melecehkan penumpang secara verbal berujung pemecatan.

"Sop ya terima laporannya akan diteliti," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat dikonfirmasi, Minggu 14 Mei 2023.

Dia mengatakan, dengan menindaklanjuti laporan yang sudah teregister nomor LP/B/2570/V/ 2023/SPK/POLDA METRO JAYA, maka ke depannya akan berkoordinasi bersama pihak PT Kereta Commuter Line Indonesia (PT KAI Commuter).

"Kemudian penyelidikan dan koordinasi dengan KAI," jelas Trunoyudo.

Sebelumnya, Kuasa hukum Diray, Nurman Samad mengatakan, kliennya telah dituduh melakukan pelecehan hingga menyebabkan pemecatan. Kasus pelecehan tersebut viral setelah di-posting oleh akun Twitter dengan username froyo @anissca.

"Klien kami dituduh oleh beberapa akun dengan me-repost postingan akun Twitter dengan username froyo @anissca yang mengaku telah dilecehkan oleh Diray (klien kami) hingga tuduhan tersebut viral," katanya dalam keterangannya, Sabtu 13 Mei 2023.

Terkait dengan pemecatan pihak KRL terhadap Diray, dia menjelaskan, tidak benar kalau kliennya dipecat. Karena pada kenyataannya, kliennya diminta untuk mengundurkan diri.

Selain itu Diray juga dipaksa untuk memberikan keterangan bahwa telah melakukan pelecehan. Padahal dikatakan Nurman, kalau kliennya sama sekali belum bertemu kepada yang bersangkutan untuk mengklarifikasi kejadian tersebut.

Atas dasar itu pula, dia membuat laporan atas dugaan pencemaran nama baik.

"LP yang kami buat tidak hanya dapat menyeret satu pelaku saja tetapi dapat menyeret beberapa pelaku yakni; orang yang memposting pertama kali, orang-orang yang mengunggah ulang postingan tersebut serta meresponnya termasuk karyawan PT Kereta Commuter Line Indonesia," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Viral Dugaan Pelecehan

Seorang wanita mengaku menjadi korban pelecehan karena mendapat perlakuan tidak menyenangkan secara verbal oleh petugas KRL. Atas perlakuan itu, penumpang KRL tersebut meluapkan kekecewaannya di media sosial.

Lewat unggahannya, kronologi pelecehan itu diawali ketika wanita tersebut baru naik dalam rangkaian KRL di jalur Bekasi. Setibanya di dalam, petugas bernama Diray pun sempat berpapasan dengannya.

"Saya mau laporin perbuatan tidak menyenangkan petugas di dalam kereta atas nama Diray," tulis akun Twitter @anissca, dikutip Kamis (27/4/2023).

Merespons keluhan tersebut, Manager External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan menyampaikan, pihaknya telah memecat petugas tersebut. Langkah itu diambil sebagai tindakan tegas atas perlakuan dugaan pelecehan kepada penumpang.

"Saat ini terduga pelaku yang berdasarkan berita beredar merupakan satu petugas kami sudah diberhentikan," ujar Leza saat dikonfirmasi, Kamis 27 April 2023.

 

 

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini