Sukses

Penumpang Mudik Lebaran 2023 di Terminal Kampung Rambutan Jaktim Masih Ramai

Berdasarkan laporan dari Pusat Informasi Kampung Rambutan, tercatat 136 penumpang berangkat dari Kampung Rambutan menuju ke kampung halaman yang akan melakukan mudik Lebaran atau Idul Fitri 1444 Hijriah.

Liputan6.com, Jakarta - Arus mudik Lebaran 2023 terpantau masih terlihat cukup ramai di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur pada hari ini, Minggu (23/4/2023).

Berdasarkan laporan dari Pusat Informasi Kampung Rambutan, tercatat 136 penumpang berangkat dari Kampung Rambutan menuju ke kampung halaman yang akan melakukan mudik Lebaran atau Idul Fitri 1444 Hijriah.

Data itu dihimpun dari Sabtu, 22 April 2023 pukul 21.00 WIB sampai pukul 07.00 WIB Minggu (23/4/2023).

Irsyad, pemudik dari Depok, Jawa Barat, salah satunya. Bersama istri dan tiga anak memilih pulang ke rumah mertua di Sumedang, Jawa Barat pada Minggu pagi ini atau H+1 Lebaran Idul Fitri 1444 H.

"Memang sudah jadi kebiasaan keluarga kami, mudik setiap H+1 Lebaran. Tahun kemarin H+1 juga," ujar Irsyad saat ditemui Liputan6.com, Minggu (23/4/2023).

Irsyad mengaku lebih nyaman mudik menggunakan transportasi umum ketimbang mobil pribadi. Disamping tidak begitu lelah, Irsyad juga tak terbiasa berkendara jauh-jauh.

"Satu (alasan) kita juga gak capek. Saya juga suka ngantukan kalau bawa mobil jauh-jauh," ucap dia.

Menurut dia, jumlah penumpang yang berangkat pada H+1 lebaran tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Hal itu berdasarkan pengamatan di Terminal Kampung Rambutan.

"Tahun ini tidak padat- padat banget," jelas Irsyad.

Sementara itu, Kepala Pos Pelayanan Kampung Rambutan Iptu Asep menyebut, pemudik yang berangkat pada H+1 lebaran rata-rata ke wilayah Jawa Barat.

"Setelah lebaran biasanya jarak dekat yang ada peningkatan itu untuk ke daerah Jabar," terang Asep.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jumlah Penumpang ke Luar Daerah Cukup Naik

Asep mengatakan, penumpang ke daerah cukup unik. Mereka rela menunggu kedatangan bus-bus yang biasa mereka naiki saat mudik. Dia pun menyebut mereka sebagai penumpang fanatik.

"Jadi dia misal suka PO yang A nah dia akan tunggu sampai bus A ini datang, dan gak mau naik yang lain," papar dia.

Dalam hal ini, pihak kepolisian siap memberikan pengamanan dan pelayanan bagi mudik yang ada di Terminal Kampung Rambutan. Sebanyak 100 personel gabungan dari TNI-Polri dan Satpol PP serta Dishub disiabakan.

Asep melaporkan sejauh ini situasi masih aman dan kondusif.

"Dari pihak kepolisiaan ada pos pelayanan terpadu. Sampai sekarang Alhamdulilah belum ada laporan terkait kasus pencopet atau penodongan. Itu belum ada," jelas Asep.

 

3 dari 4 halaman

Macet H+1 Lebaran Idul Fitri, One Way Jalur Puncak Dimulai Pagi Ini

Sebelumnya, polisi telah memberlakukan sistem one way atau satu arah bagi kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak, Bogor. Skema itu dilakukan imbas kepadatan kendaraan yang terjadi pada H+1 Lebaran Idul Fitri 1444 H, Minggu (23/4/2023).

"Kondisi arus lalu lintas saat ini di kawasan puncak saat ini (padat). Maka kami sejak pukul 07.30 Wib tadi, kami melaksanakan rekayasa arus lalu lintas one way arah puncak," kata BKO Lantas Polres Bogor Ipda Ardian, saat dihubungi merdeka.com.

"Mengingat tadi hambatan pemeriksaan gage tadi yang kami laksanakan yang dilaksanakan semenjak 06.00 itu antriannya sampai ke rest area km 45 setelah keluar Gerbang Ciawi," kata dia.

"Sehingga kami putuskan 07.30 Wib kami laksanakan one way arah atas," tambahnya.

Sementara untuk sistem one way arah bawah nantinya, lanjur Ardian, akan dimulai secara situasional sesuai kondisi arus lalu lintas kendaraan pada siang nanti.

"Namun ini hanya prediksi, takut nanti kurang tepat, itu kemungkinan sampai sekitar pukul 12.00 WIB," sebutnya.

 

4 dari 4 halaman

Arus Kepadatan Arah Puncak

Arus kepadatan kendaraan arah puncak juga dilaporkan akun twitter @PTJASAMARGA, bahwa penumpukan kendaraan terjadi untuk arah Puncak sementara arah sebaliknya telah lancar.

"09.01 WIB #Tol_Jagorawi Cawang - TMII - Cibubur - Bogor - Ciawi LANCAR. Ciawi - Gadog PADAT, kepadatan volume lalin arah Puncak. ; Ciawi - Bogor - Cibubur - TMII - Cawang LANCAR," tulis akun tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.