Sukses

Heru Budi Tinjau Arus Mudik di Stasiun Pasar Senen, Imbau Pemudik Jaga Kesehatan

Selain itu, Heru Budi ingin masyarakat yang hendak mudik Lebaran memastikan kondisi rumah yang ditinggal dalam kondisi tak dialiri listrik agar tak menimbulkan kebakaran.

Liputan6.com, Jakarta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (19/4/2023). Menurut Heru, untuk keberangkatan mudik hari ini dari Stasiun Pasar Senen paling banyak menuju Madiun dan Surabaya.

"Nyapa warga, Pak Kapolri, Pak Menhub, ada yang ke Surabaya, ke Madiun, paling banyak ke Madiun dan Surabaya," kata Heru.

Tak hanya Heru, hadir pula Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto, hingga Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Heru mengimbau masyarakat yang tengah dalam perjalanan mudik Lebaran untuk tetap menjaga kesehatan. Dia juga meminta agar masyarakat senantiasa bersabar selama dalam perjalanan.

"Kami juga mengucapkan terima kasih dan himbauan kami kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dan sabar dalam pulang ke kampung jika itu terjadi kemacetan," jelas Heru.

Selain itu, Heru Budi ingin masyarakat yang hendak mudik memastikan kondisi rumah yang ditinggal dalam kondisi tak dialiri listrik agar tak menimbulkan kebakaran.

"Dan yang terpenting untuk menjaga kesehatan, menjaga keluarga dan jangan lupa untuk memastikan rumah ditinggal dalam keadaan aman. Demikian himbauan kami," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiket Mudik dari Stasiun Senen dan Gambir Ludes Terjual

Sebelumnya, Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Eva Chairunisa menyebut sekitar 580 ribu tiket mudik dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir ludes terjual hari ini, Rabu. 

"Sementara berdasarkan data Rabu 19 April 2023 sekitar 580.000 tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual," kata Eva dalam keterangan resmi, Rabu (19/4/2023).

Eva menjelaskan dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14-23 April 2023.

"Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen," ungkap Eva.

Eva menyampaikan volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada tanggal 18 dan 19 April 2023. Volume penumpang diprediksi masih akan mengalami kenaikan pada 20-21 April 2023 mendatang. Eva menyatakan tingkat okupansi penumpang bahkan telah mencapai 100 persen.

 

3 dari 3 halaman

Imbauan Bagi Pemudik Terkait Barang Bawaan

Eva mengimbau pelanggan KA yang akan mudik agar tidak terlalu banyak membawa barang bawaannya, volume maksimal barang bawaan adalah 20 kilogram (kg) atau 100 dm3 dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm.

"Bagasi yang melebihi berat dan/atau ukuran sebagaimana dimaksud, sampai dengan setinggi-tingginya 40 kg atau dengan volume 200 dm3 dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 60 cm, diperbolehkan dibawa dengan dikenakan bea kelebihan bagasi atau membeli tempat duduk ekstra," jelas Eva.

Eva merinci, biaya tambahan atas begasi untuk kelas ekskutif dibanderol Rp 10 ribu per kg, kelas bisnis Rp 6 ribu per kg dan kelas ekonomi Rp 2 ribu per kg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini