Sukses

Catat, Ini Waktu Tepat Bagi Pemudik Agar Terhindar Kemacetan di Jalan Raya Kalimalang 

Polres Metro Bekasi mengimbau pemudik untuk menentukan waktu perjalanan mudik ke kampung halaman agar terhindar dari kemacetan di kawasan Kalimalang. Kapan waktu tepatnya?

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan Patroli (Turjawali) Polres Metro Bekasi Kota AKP Ganda Siburian mengimbau pemudik untuk menentukan waktu perjalanan ke kampung halaman agar terhindar dari kemacetan di kawasan Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat.

"Kalau kami dari petugas mengimbau kepada masyarakat yang mudik alangkah baiknya menentukan jadwal. Kalau bisa kita belajar dari tahun-tahun kemarin, artinya kita usahakan jangan sampai berbarengan dengan orang lain," kata Ganda dikutip dari Antara, Senin (17/4/2023).

Menurut Ganda, puncak arus mudik biasa terjadi pada H-3 jelang lebaran. Sehingga dapat dipastikan pemudik mulai memadati kawasan Kalimalang pada waktu tersebut.

"Jangan sampai berbarengan dengan orang lain, mungkin setelah H-3 atau tidak seminggu sebelum hari H-nya. Mungkin seperti biasa terjadi H-2 atau H-3 itu kan puncaknya, sudah pasti terjadi kemacetan," ujar Ganda.

Pihak kepolisian juga meminta pemudik dapat menyiasati jam keberangkatan agar tidak berbarengan dengan pemudik yang berangkat setelah waktu subuh dan waktu berbuka puasa.

"Cara menyiasatinya ya mungkin dari jam berangkat, dilihat mungkin berangkat jam 12 malam. Kalau dari sini biasanya kebanyakan roda dua itu setelah selesai buka puasa atau setelah sahur," ucap Ganda.

Adapun pada siang hari, kata Ganda, biasanya kawasan Kalimalang tidak sepadat seperti jam pagi ataupun malam hari. Hal itu mengingat pemudik menggunakan kendaraan roda dua menghindari panasnya matahari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Posko Mudik di 33 Titik

Sebelumnya, Ganda menyebutkan bahwa Polres Metro Bekasi akan menyiapkan tujuh lokasi posko pengamanan dan pelayanan serta 33 titik posko pengaturan lalu lintas bagi para pemudik Idul Fitri 1444H/2023 yang melintas di wilayah Jalan Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat.

Lima posko pengamanan tersebut berada di rest area KM 6 Jatibening Baru Pondok Gede, Gerbang Harapan Indah Medan Satria, Sumber Arta, Mall Ciputra, dan SPBU dekat terminal Bekasi.

Sedangkan 2 posko pelayanan yang disediakan Polres Metro Bekasi berada di Stasiun Kereta Api (KA) Bekasi dan Giant Mall Tol Bekasi Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.