Sukses

Kepala Terminal Pulo Gebang Imbau Pemudik Tak Pakai Perhiasan dan Bawa Banyak Barang

Kepala Terminal Terpadu Pulo Gebang Emanuel Kristanto mengimbau para pemudik tidak memakai perhiasan ketika melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Unit Pengelola Terminal Terpadu Pulo Gebang Emanuel Kristanto mengimbau para pemudik tidak memakai perhiasan ketika melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan.

"Kalau punya perhiasan seperti emas, tolong disimpan saja dulu, dipamerkannya nanti kalau sudah di kampung. Tapi kalau di stasiun ketika keberangkatan, jangan pamerkan dulu," kata Emanuel di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Minggu (16/4/2023).

Emanuel meminta pemudik untuk menyimpan perhiasannya terlebih dahulu selama perjalanan ke kampung halaman. Selain itu, dia juga meminta agar pemudik dapat memastikan kesehatannya dalam kondisi prima sebelum memulai perjalanan.

"Harapan untuk masyarakat, tolong pastikan kondisi sehat sebelum melakukan perjalanan," ujar dia, seperti dilansir Antara.

Emanuel juga meminta para pemudik untuk tidak membawa barang yang berlebihan. Karena itu, jika jumlah barang bawaan terlalu banyak, maka pemudik bisa mengirim menggunakan jasa pengiriman paket.

"Terus, jangan membawa barang terlalu banyak. Bawa barang seperlunya saja, kalau membawa oleh-oleh banyak, mungkin bisa dipaketkan," katanya.

Emanuel mengingatkan jangan sampai kenyamanan mudik terganggu akibat membawa barang terlalu banyak sehingga menyulitkan proses pemberangkatan.

Sebelumnya, puncak arus mudik lebaran di Terminal Pulo Gebang diprediksi akan berlangsung pada Selasa 18 April dan Rabu 19 April. Emanuel meminta masyarakat untuk tidak khawatir dengan kemungkinan lonjakan jumlah pemudik tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mudik Lebaran 2023, Penumpang di Terminal Kalideres Meningkat pada H-7 Idul Fitri

Sementara itu, pengelola Terminal Kalideres, Jakarta Barat mencatat jumlah penumpang mudik lebaran yang tiba maupun berangkat di terminal tersebut mengalami kenaikan pada H-7 Lebaran atau Sabtu 15 April 2023.

"Tercatat total sebanyak 249 penumpang tiba dan 1.357 penumpang berangkat pada Sabtu kemarin," kata Kepala Terminal Bus Kalideres Revi Zulkarnaen saat ditemui, di Jakarta, Minggu (16/2/2023), seperti dikutip dari Antara.

Enam+01:46VIDEO: Kondisi Membaik, David Ozora Diizinkan PulangSelain itu, pada Sabtu, juga terdata total 136 bus tiba dan 118 bus berangkat yang mengantarkan penumpang ke berbagai daerah tujuan. Sedangkan pada Jumat mencatat 114 bus tiba dengan 228 penumpang dengan dan 99 bus berangkat dengan 934 penumpang.

Lantas pada Minggu sampai pukul 13.00 WIB, Revi mencatat sudah ada 68 bus tiba dengan 143 penumpang dan 41 bus berangkat dengan 623 penumpang.

"Jumlah ini juga meningkat jika dibandingkan hari normal yang hanya 300 hingga 350 orang baik tiba maupun berangkat," sambungnya.

Mengenai total penumpang pada Minggu ini, pihaknya belum bisa menyampaikan lantaran masih proses pendataan dari pukul 19.00 sampai 24.00 WIB.

Revi mengimbau kepada masyarakat yang menggunakan bus sebagai transportasi mudik sebaiknya naik maupun turun di terminal.

"Terminal Kalideres sudah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana mulai dari toilet, ruang tunggu, musholla hingga petugas keamanan," tandas Ravi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.