Sukses

Mimpi Guru Agama di Lampung Terwujud Berkat Ganjar, Akhirnya Bisa Mudik Setelah 23 Tahun Merantau

Imam Mahmudi, seorang guru agama sekolah swasta di Lampung tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya setelah mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program mudik gratis dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Liputan6.com, Lampung Imam Mahmudi, seorang guru agama sekolah swasta di Lampung tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya setelah mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program mudik gratis dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Setelah 23 tahun tidak pulang, Imam akhirnya bisa berlebaran bersama keluarganya di Solo.

Kisah haru itu disampaikan langsung oleh Imam kepada Ganjar saat pelepasan rombongan mudik gratis, secara virtual di halaman rest area KM 20B Bandar Lampung, Sabtu (15/3/2023). 

Imam merupakan satu dari ribuan perantau di Sumatera yang mengikuti program Mudik Gratis Lebaran 2023, yang digagas gubernur berambut putih ini. "Terimakasih, Pak Ganjar. Saya ini guru di SD Lampung Tengah sudah 23 tahun tidak pulang ke Solo," kisahnya.

Mudik Gratis Ganjar, menurutnya sangat membantu warga Jawa Tengah yang berada di daerah rantau supaya bisa berlebaran bersama keluarga. Sebab, sebagian besar para perantau tidak bisa mudik untuk berlebaran di kampung halamannya, karena terkendala biaya.

"Mudik gratis dari Pak Ganjar sangat membantu kami yang ada di Lampung. Kami bisa berlebaran dengan keluarga di kampung halaman," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6 Tahun Merantau, Rohmanto Akhirnya Bisa Mudik ke Solo

Rasa bahagia juga dirasakan Rohmanto, seorang penjual pintu keliling di Lampung asal Solo. 

Rohmanto mulai mengadu nasib di Lampung Tengah sekitar 6 tahun lalu. Selama tinggal di Lampung, Rohmanto bekerja sebagai penjual pintu kayu keliling. 

Namun, penghasilannya dari menjual pintu hanya cukup untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarganya yang tinggal di Solo. Oleh sebab itu, dia tak menyangka bisa merayakan Lebaran bersama istri dan anaknya, tahun ini.

Berkat fasilitas mudik gratis dari Ganjar Pranowo, Rahmanto bisa bersilaturahmi langsung dengan keluarganya di Solo.

"Iya, Lebaran ini sangat spesial karena bisa berkumpul sama istri dan anak. Saya juga masih punya anak kecil sekolah SD di Solo," tuturnya.

Sudah dua tahun, Rohmanto tidak bisa pulang ke kampung halamannya, karena tidak mempunyai biaya. 

"Saya hanya penjual pintu keliling, uangnya buat biaya keluarga di rumah. Saya senang ada mudik gratis dari Pak Ganjar," paparnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo berharap para pemudik bisa menjaga kondisi kesehatan selama perjalanan. Pada obrolannya bersama Rohmanto, Ganjar juga menitipkan salam untuk keluarga Rohmanto di Solo.

"Ini sudah siap berangkat ya? Semoga selamat sampai tujuan dan bisa berlebaran hari raya dengan keluarga di rumah," pesan Ganjar.

3 dari 3 halaman

Program Mudik Lebaran dari Gubernur Jateng

Sebagai informasi, menyambut momen mudik lebaran tahun 2023 ini, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memfasilitasi mudik gratis untuk warga asal Jawa Tengah yang merantau di Sumatera. Total ada 30 bus disiapkan untuk mengantar 1550 pemudik pulang ke kampung halamannya. Dengan rincian, dari Sumatera Utara sebanyak 800 pemudik, Sumatera Selatan sebanyak 250 pemudik dan Lampung sebanyak 500 pemudik.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.