Sukses

Bamsoet Bicara Soal Pengganti Prasetyo dan Bobby Usai Mundur dari Panitia Formula E 2023

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution diketahui mundur dari anggota Steering Committee (SC) Formula E Jakarta 2023.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Steering Committee (SC) Formula E Jakarta 2023 Bambang Soesatyo buka suara soal mundurnya dua politikus PDI Perjuangan (PDIP), Prasetyo Edi Marsudi dan Bobby Nasution dari jajaran kepanitiaan ajang balap mobil Formula E  tersebut.

Diketahui, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution mundur dari anggota Steering Committee (SC) Formula E Jakarta 2023. Baik Prasetyo maupun mantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu memilih mundur untuk fokus pada pekerjaan utamanya masing-masing.

Bamsoet menerima sepenuhnya keputusan dua tokoh yang juga tergabung dalam jajaran direksi Ikatan Motor Indonesia (IMI) itu untuk tidak ikut serta dalam perhelatan Formula E Jakarta 2023 yang digelar pada 3-4 Juni mendatang.

"Pertama Bobby maupun Pak Pras adalah pengurus pusat IMI. Nah sehingga kita sepakat ada penugasan di pengurus. Tapi saya dapat memahami karena masih digoreng goreng politiknya dia menyampaikan 'Mas penugasan kali ini mungkin saya juga sibuk' beliau menyatakan 'Mas penugasan kali ini mungkin saya juga sibuk, mohon dimaklumi'," kata Bamsoet di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Lebih lanjut, dia berharap di kegiatan serupa lainnya Prasetyo dan Bobby dapat terlibat. Mengingat, kata dia, Prasetyo dan Bobby memang punya passion di bidang otomotif.

"Saya dapat memaklumi dan memahami, mudah-mudahan nanti di event berikutnya world rely championship di Medan Mas Bobby bisa menjalankan penugasan baru dari IMI dan juga Pak Pras karena memang passion Pras dan Bobby ini di otomotif dan rely mungkin ngga menarik juga di balap-balap mobil aspal," kata dia.

Adapun Prasetyo dan Bobby sebelumnya ditunjuk langsung oleh Bamsoet selaku Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI). Adapun IMI dipercayai sebagai penanggung jawab regulasi teknis balap dan teknis di lapangan bakal optimal bekerja sama dengan PT Jakpro.

Sementara itu, posisi Prasetyo dan Bobby sebagai anggota SC Formula E Jakarta 2023 tak akan digantikan. Sebagai Ketua SC, Bamsoet akan dibantu jajaran panitia lainnya seperti Pengusaha dan Mantan Pembalap Indonesia Ricardo Galael dan Mantan Pembalap Sepeda Tinton Soeprapto.

"Nggak ada penggantinya, penggantinya saya di SC bersama Ricardo Galael sama Tinton Soeprapto, tugasnya sebenarnya ringan-ringan aja yang berat kan ini (Ananda Mikola)," kata Bamsoet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prasetyo Mundur dari Panitia Formula E

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyatakan, dirinya tidak akan bergabung dalam jajaran kepanitiaan pengawas atau Steering Committee (SC) musim kedua gelaran Formula E Jakarta 2023.

Padahal PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penyelenggara Formula E Jakarta telah resmi mengumumkan susunan lengkap kepanitiaan.

Diketahui, Politikus PDI Perjuangan (PDIP) ini didapuk menjadi salah satu advisor atau penasihat bersama lima tokoh lainnya dalam jajaran kepanitiaan Formula E Jakarta 2023.

Namun, pernyataan tiba-tiba diungkapkan Prasetyo dalam keterangan tertulis pada Rabu (1/3/2023) petang. Dia mengaku sibuk dan akan memilih fokus pada tugasnya sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta.

Terlebih, kata Prasetyo, akan ada pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2023.

"Memang saya sibuk, pekerjaan di DPRD DKI padat. Sebentar lagi kita sudah harus membahas APBD Perubahan tahun 2023 yang harus tepat waktu," kata Prasetyo Edi Marsudi.

Lebih lanjut, Prasetyo menyampaikan bahwa saat ini dirinya terus menggenjot sinergi dan koordinasi dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Prasetyo menuturkan, dia bersama Heru Budi akan fokus mengakselerasi penuntasan masalah prioritas yang terjadi di DKI Jakarta, seperti banjir, resesi ekonomi, hingga kemacetan.

"Selain itu saat ini kita sedang berjuang menjaga ketahanan pangan untuk siap menghadapi ancaman resesi ekonomi, ini kan perlu kerja-kerja nyata," ucap politikus senior PDIP ini menandaskan.

3 dari 3 halaman

Bobby Mundur dari Panitia Formula E

Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan, dirinya diminta oleh Ketua Umum (Ketum) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Bambang Soesatyo, masuk dalam kepanitiaan balap mobil Formula E 2023 di Jakarta.

Namun, sebagai Wali Kota Medan yang tentu saja dipenuhi kesibukan, Bobby Nasution menyatakan akan fokus bekerja mengurusi Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Bobby mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Ketum IMI Pusat yang akrab dipanggil Bamsoet atas kepercayaan menunjuk dirinya menjadi Steering Comittee Jakarta E-Prix, atau balapan Formula E 2023.

"Mohon maaf kepada Pak Bamsoet, karena tugas saya masih banyak. Saya bilang kalau boleh bertugas full dahulu di Medan. Kalau berkenan tidak dimasukkan ke SC di Formula E," kata Bobby dalam sela kegiatannya di SMK Gelora Jaya Nusantara, Medan, Jumat (3/3/2023).

Setelah menjelaskan dasar penolakan namanya masuk ke SC Formula E Jakarta, kata Bobby, Bamsoet akhirnya menerima alasan tersebut.

"Kemarin Pak Bamsoet mendukung tugas saya sebagai wali kota. Pak Bamsoet langsung menyampaikan kalau saya tidak ada di SC Formula E," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.