Sukses

Rapimnas III DMI Hasilkan Rekomendasi Muktamar Secara Gradual

Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyelengarakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) III di kantor pusat DMI di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, Senin (6/3/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyelengarakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) III di kantor pusat DMI di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, Senin (6/3/2023). Rapimnas III DMI tersebut menghasilkan rekomendasi muktamar DMI secara gradual sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART).

Wakil Ketua Umum DMI Komjen Pol (Purn) Syafruddin mengungkapkan bahwa rekomendasi itu juga sesuai dengan mandat dari Ketua Umum DMI Jusuf Kalla(JK). Eks wakil Presiden RI ini memberikan mandat kepada Syafruddin agar pelaksanaan muktamar secara gradual sesuai dengan AD/ART DMI.

“Ketum DMI Jusuf Kalla memberikan mandat untuk melaksanakan muktamar secara gradual sesuai AD/ART,” ungkap Syafurddin.

Dalam kesempatan tersebut, Syafruddin turut mengatakan, rekomendasi lainya dalam Rapimnas III DMI. Salah satunya rekomendasinya ialah tidak menjadikan masjid sebagai panggung politik dalam pemilu 2024.

“Pengurus masjid dilarang memberikan panggung politik untuk tokoh politik dalam pemilu 2024,” jelas Syafruddin.

Mantan Wakapolri ini mengungkapkan dalam perhelatan Rapimnas III, DMI sendiri memberikan amanat untuk kepada Kepala BIN Budi Gunawan untuk menjabat sebagai ketua dewan pakar DMI.

Waketum DMI Syafruddin sendiri Rabu pekan lalu mengunjungi kediaman Kabin Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan untuk bersedia menjadi Ketua Dewan Pakar DMI

“Mengangkat Kabin Budi Gunawan sebagai ketua dewan pakar DMI,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rapimnas

Sekedar informasi, Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyelengarakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) III, di Jakarta 6-7 Maret 2023. Agenda rapat antara lain, wilayah melaporkan perkembangan hasil tugas masing-masing sekaligus mereka mengajukan rekomendasi.

Dari jadwal sidang yang diterima diagendakan Sekjen DMI Imam Addaruqutni dan KH Natsir Zubaidi membahas Rekomendasi Rampimnas. Setelah itu (sidang II) H. Mas Guntur Laupe, KH Mannan Abdul Ghani dan H.

Dalam Rapimnas tersebut juga akan membahas Konsolidasi Pembahasan Tatib DMI dan penyelenggaraan Muktmar DMI VIII. Juga akan disampaikan amanat Ketua Umum yang akan dibacakan oleh H. Syafruddin.

Pada malam harinya diselenggarakan diskusi Konsep Wasathiyah Islam (Moderasi Beragama). Dibawakan oleh Pimpinan DMI Imam Addaruqutni, KH Mannan Abdul Ghani dan H. Bunyan Saptomo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.