Sukses

Respons Polri soal Kepercayaan Publik Naik dalam Survei LSI

Dalam survei LSI, tren kepercayaan masyarakat kepada Polri meningkat antara periode Januari dan Februari 2023.

 

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengumumkan hasil survei terkait kepercayaan masyarakat terhadap lembaga penegakan hukum. Dengan menempatkan tren kepercayaan masyarakat kepada Polri yang meningkat antara periode Januari dan Februari 2023.

Menanggapi hasil survei LSI tersebut, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo menyatakan pihaknya akan selalu mengevaluasi kinerja. Sebagaimana hasil arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sesuai rapat pimpinan (rapim) Polri 2023 lalu.

"Polri terus mengevaluasi kinerja termasuk saat Rapim Polri. Bapak Kapolri sudah menyampaikan kepada jajaran untuk terus meningkatkan kinerja," kata Dedi dalam keterangannya, Kamis (2/ 3).

Dedi menyebut hasil evaluasi itu nantinya akan fokus memperkuat pengamanan agenda-agenda nasional dan internasional dalam rangka mengamankan kebijakan pemerintah.

"Dalam ketahanan ekonomi nasional, persiapan PAM Pemilu dan berikan Yanmas serta Gakkum yang profesional dan memperhatikan rasa keadilan masyarakat," sebutnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia, Djayadi Hanan mengatakan, secara umum kepercayaan terhadap lembaga hukum cenderung mengalami peningkatan. Lembaga penegak hukum itu seperti Kepolisian, Kejaksaan, KPK sampai Pengadilan.

“Mengalami peningkatan tingkat kepercayaan dibanding temuan sebelumnya, baik kepercayaan warga terhadap kinerjanya secara umum, maupun khususnya dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi,” kata Djayadi dalam keterangannya, Rabu (1/3/2023).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data Survei

Dari data yang dipaparkan, pada Januari 2023 Polri mendapat kepercayaan 52%. Pada survei Februari 2023 ini, Polri mendapat kepercayaan 61%.

“Hasil survei Januari 2023 adalah 52 persen, sedangkan Februari 2023 adalah 61 persen,” imbuh Djayadi.

Namun, hasil LSI soal kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum dalam penegakan hukum. Hasil survei menunjukkan kepolisian berada di urutan paling bawah dengan angka 64 persen.

"Yang nomor satu adalah kejaksaan (73 persen) diikuti oleh pengadilan (70 persen), baru KPK (70 persen), dan yang paling bawah polisi," tutur dia.

Kendati begitu, dia menuturkan terdapat peningkatan kepercayaan masyarakat terhafadap lembaga-lembaga penegakan hukum. Peningkatan cukup signifikan ini terjadi dalam kurun sebulan terakhir.

"Dalam hal ini pengadilan, Kejaksaan Agung, KPK dan Polri, kepercayaan meningkat secara signifikan selama sebulan terakhir," pungkas Djayadi.

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.