Sukses

AHY: Dukungan Demokrat ke Anies Sudah Melalui Proses Konsultasi dengan SBY

Menurut AHY, keputusan Demokrat mengusung Anies sudah melewati proses konsultasi dengan Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memastikan pihaknya telah resmi mendukung Anies Baswedan sebagai capres 2024. Menurut AHY, tak perlu ada keraguan atas dukungan Demokrat ke Anies.

"Sudah jelas bahwa sikap dan posisi politik Partai Demokrat yang kami sampaikan pada tanggal 23 Januari 2023 yang lalu itu resmi, dan tentu itu bukan hanya sekadar test the water, bukan hanya sekadar uji coba saja," kata AHY usai bertemu Ketum NasDem Surya Paloh, di Kantor DPP Demokrat, Rabu (22/2/2023).

Menurut AHY, keputusan Demokrat mengusung Anies sudah melewati proses konsultasi dengan Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Tetapi setelah melewati sebuah proses konsultasi, komunikasi yang intensif antara saya pribadi sebagai Ketum dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Bapak SBY dan tentunya masukan dari berbagai pihak internal," kata dia.

AHY menyebut untuk melakukan perubahan maka perlu mendukung Anies sebagai capres sebagai representasi gerakan perubahan.

"Kami sepakat bahwa untuk mengusung perubahan dan perbaikan, kita juga harus bisa memberikan ruang kepada saudara Anies Baswedan untuk bisa menjadi capres atau bacapres," tuturnya.

Terkait waktu pasti tiga parpol pendukung Anies deklarasi, menurut AHY, Koalisi Perubahan saat ini tengah memasuki finalisasi sebelum deklarasi.

"Kami saat ini pada tahapan memfinalisasi, meyakinkan bahwa krtiga parpol memang benar-benar bisa duduk bersama dalam visi besar dan tentunya kita semakin intensif berkomunikasi membangun chemistry dengan saudara Anies," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

AHY Cocok Jadi Cawapres Anies

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) cukup cocok untuk menjadi cawapres Anies Baswedan.

Bahkan Paloh dengan anda bercanda mengebut dirinya juga cocok menjadi cawapres.

Kalau nanya pendapat saya? cocok. Jangankan mas AHY, saya juga cocok, bagaimana?” kata Paloh usai pertemuan dengan AHY di DPP Demokrat, Rabu (23/2/2023).

Menurut Paloh, sejak awal dirinya telah menegaskan cawapres berada di tangan Anies Baswedan. Meski demikian ia mengakui dengan sosok AHY saat ini cocok dengan Anies.

“Lihat saja, orang yang berdiri di sebelah saya ini, potongan ganteng semuanya. Ini masalah bagaimana pun juga keputusan akhir ada di tangan capres. Dari awal saya katakan mengenai masalah pelaksanaan cawapres, dari sejak awal deklarasi serahkan pada capres,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.