Sukses

Asik Bermain Air di Situ Pengasinan Depok, Bocah 7 Tahun Tewas Tenggelam

Bocah berusia 7 tahun ditemukan tewas tenggelam di Situ Pengasinan, Sawangan, Depok. Saat kejadian, korban bersama saudaranya tengah bermain di saluran air dari Situ Pengasinan.

Liputan6.com, Jakarta - Warga sekitar Situ Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok dikejutkan dengan adanya bocah berusia 7 tahun tenggelam di danau tersebut. Korban berinisial AKA ditemukan tewas usai usai tenggelam saat berenang di Situ Pengasinan.

Salah seorang warga, Astuti mengatakan, sekitar pukul 14.30 WIB, korban bersama dengan dua saudara dan sepupunya bermain air di saluran air Situ Pengasinan. Korban memang sering bermain air di situ bersama saudaranya karena dekat dengan rumahnya.

“Biasanya memang sering main di situ, tapi ini korban meninggal karena tenggelam,” ujar Astuti kepada Liputan6.com, Selasa (21/2/2023).

Astuti menjelaskan, saat asik bermain air, korban melompat dari turap Situ Pengasinan ke bagian outlet Situ Pengasinan yang memiliki kedalaman tiga meter. Usai korban meloncat, korban tidak terlihat dan membuat adik korban panik.

“Adik korban berteriak dan memberitahukan orang tuanya,” jelas Astuti.

Orang tua korban bersama warga melakukan pencarian di lokasi korban terakhir tenggelam. Akhirnya korban berhasil diselamatkan dan diangkat ke pinggir Situ Pengasinan.

“Usai ditemukan korban sempat diberikan pertolongan hingga nafas buatan,” ucap Astuti.

Segala usaha telah dilakukan untuk menolong korban, namun korban tidak dapat diselamatkan dan dinyatakan meninggal dunia. Akhirnya korban dibawa ke rumahnya yang berdekatan dengan Situ Pengasinan.

“Iya korban sudah dibawa kerumahnya, warga sini pada berdatangan,” kata Astuti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biasanya Dimanfaatkan untuk Mancing, Bukan Berenang

Salah seorang warga lainnya, Rojak mengatakan, Situ Pengasinan kerap dimanfaatkan untuk memancing, bukan berenang. Namun dia tidak menyangka, AKA tenggelam di outlet Situ Pengasinan yang biasa digunakannya untuk bermain air bersama saudaranya.

“Kalau airnya pas dangkal memang pada main air di situ,” ujar Rojak.

Rojak mengungkapkan, korban diduga melompat ke lokasi yang dalam. Selain itu, debit air Situ Pengasinan pada saat kejadian memang mengalami peningkatan walaupun tidak signifikan akibat musim hujan.

“Kayaknya dia nyebur pas bagian dalam yang tiga meter, mungkin di bawahnya ada lumpur, jadi itu penyebab korban meninggal,” ungkap Rojak.

Sementara, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pengasinan, Aiptu Taslim membenarkan korban meninggal karena tenggelam di Situ Pengasinan. Warga dan orang tuanya telah berusaha mencari korban namun saat ditemukan korban sudah tidak tertolong.

“Iya, udah ketemu meninggal dunia, sekarang sudah di rumah duka,” ucap Taslim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.