Sukses

'Kalahkan' Dede Yusuf, Rieke Akui Ada Efek Jokowi

Pasangan nomor urut 5 ini mengalahkan Dede Yusuf-Lex Laksamana di hitung cepat.

Yang mengejutkan di hasil penghitungan cepat pilkada Jawa Barat adalah suara calon Gubernur dan Wakil Gubernur Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki. Pasangan nomor urut 5 ini mengalahkan Dede Yusuf-Lex Laksamana di hitung cepat.

Padahal, dari hasil-hasil survei sebelumnya pasangan Rieke-Teten jarang diunggulkan. Tapi dari hasil penghitungan cepat kali ini, beberapa lembaga survei menyebut pasangan ini juara kedua.

Apakah lonjakan suara ini terpengaruh bantuan Gubernur DKI Joko Widodo atau Jokowi yang sempat menjadi juru kampanye? Apakah ini karena Jokowi's effect?

"Apa pun menurut saya, tentu saja sama ketika kami juga berjuang untuk mas Jokowi. Dan kami saling memberikan effort, saling memberikan dampak-dampak positif. Saya tidak memungkiri pastilah ya," kata Rieke sebelum berangkat ke Bandung, di kediamannya, Kukusan, Depok, Jawa Barat, Minggu petang (24/2/2013).

Satu pesan Jokowi kepada Rieke, jangan terburu-buru menyerah. "Berjuang terus berjuang! Seluruh relawan kita pertahankan."

Jokowi memang sempat menjadi juru kampanye pasangan Rieke-Teten. Tapi kampanye Jokowi mendapat protes dari Panwaslu Jawa Barat. Alasan Panwaslu, Jokowi belum mendapat cuti izin kampanye.

Menanggapi ini, Jokowi mengaku sudah paham betul aturan yang berlaku. Malah, kata Jokowi, dia mengajukan cuti itu sekadar kepatutan saja. Padahal, dia menjadi juru kampanye di saat hari libur. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.