Sukses

Polisi Lerai Massa yang Terlibat Bentrokan Berujung Maut di Depok

Bentrokan dipicu permasalahan utang piutang dan terjadi di Perumahan Raffles Hills, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Sabtu 11 Februari 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Bentrokan antarkelompok yang menyebabkan satu orang tewas dan luka berat sempat dilerai polisi. Bentrokan tersebut dipicu permasalahan utang piutang dan terjadi di Perumahan Raffles Hills, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Sabtu 11 Februari 2023.

Dalam rekaman video yang diperoleh, terlihat sekelompok massa mendatangi kediaman kelompok lain di Perumahan Raffles Hills, Kecamatan Tapos, Kota Depok. Kelompok tersebut mendatangi rumah dikarenakan pada bentrokan sebelumnya terdapat satu orang tewas di lokasi kejadian.

Dalam video itu, Kapolres Metro Depok Kombes Ahmad Fuady bersama tim berusaha melerai massa. Sebelumnya salah satu massa tidak terima dikarenakan terdapat korban jiwa dari kelompoknya, sehingga menyerang rumah kelompok lain.

Ahmad Fuady sempat berdialog kepada massa yang datang dan meminta tidak melakukan aksi balasan.

"Saya Kapolres dan tim turut berduka cita, kami dari kepolisian komitmen akan menegakkan hukum yang berlaku siapa yang bersalah itu yang kita tindak," ujar Ahmad Fuady di hadapan massa.

Ahmad Fuady telah mengumpulkan bukti dan telah menerima laporan terkait peristiwa tersebut. Kelompok yang terlibat pada bentrokan dan menyebabkan satu orang meninggal telah diamankan kepolisian.

"Diamankan itu sudah 10 orang," tegas Ahmad Fuady.

Kasus tersebut telah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya dan sedang dalam penanganan kepolisian. Bentrokan tersebut dipicu dari permasalah utang piutang.

Berdasarkan informasi yang didapat Liputan6.com, korban tewas akibat bentrokan dua kelompok berinisial MSL (42). Korban datang bersama rekannya ke Perumahan Raffles Hills.

Saat bentrokan, korban sempat terkena bacokan pada bagian dada sehingga meninggal dunia. Usai bentrokan korban dibawa ke RS Polri untuk dilakukan visum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diduga Masalah Utang Piutang, 2 Kelompok di Depok Bentrok hingga Satu Orang Tewas

Dua kelompok massa di Kota Depok terlibat perkelahian di Perumahan Raffles Hills, Kecamatan Tapos, Kota Depok. Akibatnya satu orang tewas dan satu orang terluka akibat bentrokan pada Sabtu (11/2/2023).

Salah seorang warga sekitar, Rudi mengatakan, bentrokan yang terjadi antar kelompok dinilai cepat. Salah satu kelompok mendatangi rumah kelompok lain yang berada di Raffles Hills dan sempat terlibat cekcok antarkelompok.

"Situasinya cepat, mereka datang langsung melakukan pemukulan," ujar Rudi, Minggu (12/2/2023).

Rudi menjelaskan, massa yang datang diperkirakan mencapai 10 orang. Massa yang datang sempat emosi dengan kelompok pemilik rumah, pada saat kejadian tidak ada warga yang keluar rumah sehingga terjadi perkelahian.

"Ada sekitar 10 orang, marah-marah habis itu serang terus pukul-pukulan," jelas Rudi.

Akibat perkelahian tersebut, terdapat satu orang tewas dari kelompok penyerang. Di lain pihak, kelompok yang diserang ditemukan satu orang luka dan telah dilarikan ke rumah sakit.

"Saat kejadian warga tidak ada yang keluar, saya doang," ucap Rudi.

Sementara, Ketua lingkungan setempat, Zandi mengatakan, perkelahian antarkelompok berawal dari masalah utang piutang. Namun pihaknya enggan menjelaskan secara detail terkait peristiwa tersebut.

"Perkelahian antarkelompok, pokoknya utang piutang," kata Zandi.

Sebelumnya, kedua kelompok tersebut menyelesaikan permasalahan di salah satu tempat makan di Kota Depok. Kelompok tersebut sempat berdamai namun terjadi keributan kembali sehingga menimbulkan korban jiwa dan luka.

"Mereka kan sudah damai di rumah makan, tapi terjadi begini," terang Zandi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.