Sukses

Bina Marga DKI Jakarta Revitalisasi Trotoar di Sekitar JIS

Selain itu, juga akan taman di sekitar JIS yang ditargetkan mulai dikerjakan pada Maret 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Bina Marga DKI Jakarta tengah melakukan pengerjaan membangun off ramp atau jalan keluar dari Tol Pelabuhan atau Harbour road (HBR) tembus menuju Jakarta International Stadium (JIS) di Kelurahan Papanggo.

"Jalan layang kan dari jalan HBR, dari HBR itu kan belum ada masuk ke jalan Papanggo ke arah Danau Bisma kan. Makanya sekarang, lagi dalam konstruksi bikin ramp off," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho kepada wartawan, Selasa 7 Februari 2023.

Menurut Hari pembangunan off ramp ini merupakan bagian dari pengerjaan proyek infrastruktur JIS yang belum rampung. Jalan tembus menuju JIS dengan lebar 9 meter ini disebut sebagai langkah jangka pendek yang ditempuh untuk menambah akses ke JIS.

"Nah jalan yang tak bikin di mana, itu mulai dari Bisma, kemudian itu Jalan Bisma yang mengitari Warakas, Bisma, Jalan Utama, sampai ke arah Marta Dinata. Itu nanti melingkar mengitari danau, tembus ke JIS, itu jangka pendek," jelas Hari.

Hari mengatakan bahwa pengerjaan telah dijadwalkan sejak 2022. Hari menyebut pengerjaan konstruksi off ramp ditargetkan rampung pada 2023 ini, sehingga dari Jalan HBR nantinya masyarakat dapat langsung menuju JIS.

"Makanya sekarang untuk yang urgent, jangka pendek tuh kita sudah siapkan tahun 2022 kemarin tuh tadi udah kita cor jalanan di sekeliling Danau (Bisma) sampai ke Jalan Utama 1 sampai ke Sunter Permai. Itu kita cor sudah," kata dia.

Lebih lanjut, Hari menjelaskan bahwa dalam jangka panjang, pihaknya akan melanjutkan pembangunan jalan tembus hingga ke Jalan RE Martadinata. Selain itu, juga akan dilakukan revitalisasi trotoar di sekitar JIS.

"Nanti kita buat di sepanjang sekeliling pagar (JIS). Begitu keluar kan nanti ada trotoar untuk orang lewat situ (trotoar). Kapan dikerjaain, tahun ini juga paling selesai September," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Pj Heru

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono buka suara perihal keluhan penonton konser Dewa 19 terkait akses transportasi dan lokasi parkir di Jakarta International Stadium (JIS) saat konser digelar pada Sabtu 4 Februari 2023.

"Ya kalau transportasi publik kita bisa atasi. Setiap nanti ada kegiatan di sana kita dukung, Transjakarta bisa masuk," kata Heru di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/2/2023).

Dia mengatakan, akses masuk JIS di bagian belakang juga akan diperbaiki dan dilakukan pelebaran jalur. Lebih lanjut, dirinya berjanji juga bakal memperindah infrastruktur JIS.

"Terus berikutnya dari belakang kan akan diperbaiki ya, jalurnya akan dilebarin. Infrastruktur kita bagusin," ucap Heru.

Sebelumnya, keluhan soal lokasi parkir ini ramai diperbincangkan warganet di media sosial Twitter. Penonton 30 tahun Dewa 19 mengeluhkan buruknya akses transportasi umum hingga akses trotoar yang dinilai tak layak.

Diketahui, Dewa 19 sukses menggelar konser 30 tahun berkarya di JIS. Dalam konser tersebut, Ahmad Dhani turut serta menggandeng empat vokalis Dewa 19 yang dimiliki serta tampil dengan lima drummer.

Konser Dewa 19 ini, setidaknya dihadiri oleh 75 ribu penonton atau para penggemar Dewa 19, yakni Baladewa dan Baladewi.

Sumber: Antara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.