Sukses

Cuaca Besok Rabu 1 Februari 2023: Pagi Hari Jakarta Berawan

Cuaca besok di awal bulan, Rabu 1 Februari 2023, pagi hari di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu diprakirakan berawan.

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca besok di awal bulan, Rabu 1 Februari 2023, pagi hari di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu diprakirakan berawan.

Lalu, berdasarkan laporan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), di pagi hari wilayah Jakarta Pusat diprediksi cerah berawan, sedangkan Jakarta Utara hujan dengan intensitas ringan.

Siang harinya, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diprakirakan turun hujan ringan, sisanya berawan. Malam hari, hujan ringan tersebut diprediksi guyur Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu, sisanya berawan dan berawan tebal.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakut dan Kepulauan Seribu pada dini hari," papar BMKG melalui laman resminya www.bmkg.go.id.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Jawa Barat, pagi hari diprakirakan hujan berintensitas ringan, siang berawan, dan malamnya hujan sedang.

Berbeda, Depok dan Kota Bogor, Jawa Barat, pada pagi hari diprediksi hujan ringan, lalu siang hingga malamnya hujan dengan intensitas sedang.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu antara menjelang siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang," jelas BMKG.

Di Kota Tangerang, Banten, paginya diprakirakan hujan ringan, namun siang hingga malam hari berawan.

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

 Kota  Pagi   Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Jakarta Selatan   Berawan  Hujan Ringan  Berawan Tebal
 Jakarta Timur   Berawan  Hujan Ringan  Berawan Tebal
 Jakarta Utara   Hujan Ringan  Berawan  Hujan Ringan
 Kepulauan Seribu   Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Bekasi   Hujan Ringan  Berawan  Hujan Sedang
 Depok   Hujan Ringan  Hujan Sedang  Hujan Sedang
 Kota Bogor   Hujan Ringan  Hujan Sedang  Hujan Sedang
 Tangerang  Hujan Ringan  Berawan  Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imbauan BMKG

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem hingga Selasa, 31 Januari 2023 di beberapa wilayah di Sulawesi Utara. Seiring potensi cuaca ekstrem tersebut, BMKG mengimbau untuk warga terus berhati-hati.

Sejumlah wilayah di Sulawesi Utara berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai petir, kilat dan angin kencang. “BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 31 Januari 2023,” ujar Koordinator Bidang Obvervasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle,Sabtu, 28 Januari 2023, dikutip dari Antara, Minggu 29 Januari 2023.

Ia mengingatkan masyarakat tetap waspada antisipasi cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi hingga puncak musim hujan pada awal Februari 2023.

Ben juga mengharapkan warga terus berhati-hati seiring potensi cuaca ekstrem. Ia menambahkan, potensi cuaca ekstrem dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi antara lain banjir, longsor, dan pohon tumbang.

"Mari tetap waspada dan terus mendapatkan update informasi cuaca yang dapat diakses melalui kanal-kanal yang tersedia,” kata Ben.

3 dari 3 halaman

Wilayah-Wilayah yang Diimbau BMKG

Adapun peringatan dini cuaca pada 29 Januari mencakup wilayah Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Pada hari berikutnya, cuaca ekstrem berpeluang terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sementara pada 31 Januari 2023 diprediksi terjadi di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.