Sukses

20 Kata-Kata Valentine untuk Pasangan yang Bisa Kamu Ucapkan di Hari Kasih Sayang

Kamu dapat memberikan kata-kata Valentine yang romantis untuk pasanganmu, misalnya 'masa lalu saya adalah milik saya, masa lalu kamu adalah milik kamu, tapi masa depan adalah milik kita. Happy Valentine!'.

Liputan6.com, Jakarta - Valentine Day atau Hari Valentine diperingati setiap tahunnya pada 14 Februari. Pada tahun ini, Valentine Day jatuh pada Selasa 14 Februari 2023.

Valentine Day atau Hari Valentine biasa juga disebut sebagai Hari Kasih Sayang. Pada hari tersebut, identik dengan pemberian hadiah kepada orang terkasih dan tersayang, umumnya seperti bunga, cokelat, atau boneka.

Mengutip dari laman History, asal-usul Hari Valentine bermula dari upaya Kristen untuk menggantikan festival kesuburan pagan yang telah ada sejak abad ke-6 SM.

Hari Valentine dimulai oleh orang Romawi, terdapat dua teori sejarah. Salah satunya adalah beberapa orang percaya Hari Valentine berasal dari Lupercalia.

Di festival saat zaman Romawi yang berlangsung setiap tanggal 15 Februari tersebut, laki-laki ditelanjangi dan dipukuli gadis-gadis muda sebagai ritual yang diharapkan bisa meningkatkan kesuburan mereka.

Menurut legenda, wanita nantinya akan memasukkan nama mereka ke dalam guci dan dipilih untuk dijodohkan dengan pria selama setahun.

Teori kedua adalah ketika Kaisar Romawi Claudius II mencoba memperkuat pasukannya, dia melarang pemuda untuk menikah. Dalam semangat cinta, Santo Valentine menentang larangan lalu melakukan pernikahan rahasia, dan untuk ketidaktaatannya Valentine dieksekusi pada 14 Februari sekitar tahun 270 Masehi.

Namun saat Valentine Day atau Hari Valentine, kamu juga tak melulu harus memberikan bunga, cokelat, atau boneka yang diberikan untuk orang terkasih.

Kamu pun dapat memberikan kata-kata Valentine yang romantis untuk pasanganmu. Misalnya 'masa lalu saya adalah milik saya, masa lalu kamu adalah milik kamu, tapi masa depan adalah milik kita. Happy Valentine!'.

Berikut sederet kata-kata Valentine romantis yang bisa kamu ucapkan untuk pasanganmu dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kata-Kata Valentine

1. Aku akan mencintaimu seumur hidupku. Kamu, dan bukan yang lain.

2. Kamu cantik luar dalam. Kamu adalah Valentineku selamanya, tanpa keraguan.

3. Kamu adalah satu-satunya hal yang membuatku ingin bangun di pagi hari. Selamat hari Valentine, sayang.

4. Masa lalu saya adalah milik saya, masa lalu kamu adalah milik kamu, tapi masa depan adalah milik kita. Happy Valentine!

5. Hatiku berjanji untuk selalu mencintaimu di sepanjang hidupku. Happy Valentine.

6. Aku mencintaimu. Aku mengetahuinya begitu aku bertemu denganmu. Selamat hari Valentine.

7. Aku akan selalu berada di sana, di tempat paling dalam dari lubuk hatimu. Selamat Valentine, sayang.

8. Kamu adalah jiwaku, hidupku, dan seluruh alasan keberadaanku di dunia, Happy Valentine my baby!

9. Melihatmu tersenyum adalah bagian terbaik dalam hariku. Happy Valentine.

10. Terima kasih untuk pengalaman berharga yang kau berikan selama ini sayangku. Selamat hari kasih sayang.

11. Kamu adalah satu orang yang luar biasa, dan aku sangat beruntung menjadi Valentine-mu selamanya.

12. Cinta adalah kamu, dan aku menjalani hidup kita bersama. Happy Valentine.

13. Lebih manis dari cokelat. Lebih manis dari angin. Lebih manis dari segalanya. Kamu adalah Valentine-ku

14. Setiap lagu cinta adalah tentang kamu. Happy Valentine!

15. Sepanjang musim, sepanjang waktu aku mencintaimu. Selamat Valentine, sayangku.

16. Saat kita bertemu, aku tahu aku ingin menghabiskan setiap Hari Valentine bersamamu.

17. Pegang aku dan cintai aku seperti tidak ada hari esok. I love you much more.

18. Cintai aku dan jangan pernah tinggalkan aku. Kita sempurna saat bersama.

19. Aku takut untuk memejamkan mata karena kupikir aku tidak akan bisa melihatmu lagi. Aku sangat mencintaimu dari lubuk hatiku.

20. Kamu masih membuat aku tertawa. Kamu masih memberi aku perasaaan deg-degan. Dan aku masih jatuh cinta padamu setiap hari.

 

3 dari 4 halaman

Tradisi Valentine

Alih-alih memberikan cokelat atau bunga saat Hari Valentine, sejumlah orang justru beralih ke kartu ucapan dan permen berbentuk hati untuk menyatakan cinta.

Beberapa juga bahkan bertukar sendok kayu dan bunga tekan, sementara yang lain mengadakan hari libur khusus bagi yang tidak dicintai untuk menikmati kehidupan lajang mereka.

Salah satu contohnya Denmark. Alih-alih mawar, teman dan kekasih di Denmark lebih terbiasa bertukar bunga putih yang ditekan sebagai tetesan salju, melansir Huffpost.

Tradisi Valentine Denmark yang populer lainnya adalah pertukaran 'kartu kekasih'. Kartu kekasih pada awalnya adalah kartu transparan yang menunjukkan gambar pemberi kartu memberikan hadiah kepada kekasihnya.

Istilah tersebut pun kini identik dengan kartu apa pun yang dipertukarkan pada Hari Valentine.

Selain itu, Hari Valentine adalah hari libur populer bagi pasangan muda di Korea Selatan dan variasi liburan dirayakan setiap bulan dari Februari hingga April.

Sementara itu, setara dengan Hari Valentine di Cina adalah Qixi atau Festival Malam Ketujuh, yang jatuh pada hari ketujuh bulan lunar ketujuh setiap tahun.

 

4 dari 4 halaman

Negara Lainnya

Kemudian, dengan Karnaval diadakan sekitar bulan Februari atau Maret setiap tahun, orang Brasil melewatkan perayaan 14 Februari dan sebaliknya merayakan Dia dos Namorados atau 'Hari Kekasih' pada 12 Juni.

Selain pertukaran cokelat, bunga, dan kartu yang biasa, festival musik dan pertunjukan diadakan di seluruh negeri. Pemberian hadiah juga tidak terbatas pada pasangan.

Di Brasil, orang merayakan hari kasih sayang ini dengan bertukar hadiah dan berbagi makan malam dengan teman dan kerabat juga.

Hari berikutnya adalah Hari Santo Antonius, yang menghormati santo pelindung pernikahan. Pada hari ini, para wanita lajang melakukan ritual simpatias dengan harapan St Antonius akan membawakan mereka seorang suami.

Sementara itu, menjelang Hari Valentine, para wanita di Inggris biasa meletakkan lima lembar daun salam di atas bantal mereka, satu di setiap sudut dan satu lagi di tengah, untuk mewujudkan impian calon suami mereka. Atau, mereka akan membasahi daun salam dengan air mawar dan meletakkannya di atas bantal mereka.

Di Norfolk, Jack Valentine bertindak sebagai semacam Santa untuk Hari Valentine. Anak-anak dengan cemas menunggu untuk mendengar Jack Valentine mengetuk pintu mereka, dan meskipun mereka tidak melihat sekilas Ayah Tua Valentine, anak-anak menikmati permen dan hadiah kecil yang tertinggal di beranda mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.