Sukses

Imlek 2023, Pemkot Bekasi Tiadakan CFD pada Minggu 22 Januari

Pemkot akan membuka kembali CFD yang biasa dilakukan di sepanjang ruas Jalan Jenderal Ahmad Yani Kota Bekasi itu pada akhir pekan depan atau tanggal 29 Januari 2023.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat mengumumkan bahwa hari bebas kendaraan di daerah itu untuk sementara ditiadakan pada Minggu 22 Januari 2023. Hal ini mengingat bertepatan dengan peringatan Hari Raya Imlek.

"Car free day minggu besok ditiadakan untuk menghormati saudara-saudara kita warga (keturunan,) Tionghoa atau umat Khonghucu," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Yudianto di Bekasi, Jumat (20/1/2023).

Dia mengatakan peniadaan hari bebas kendaraan pada akhir pekan ini sesuai surat edaran nomor 660.1/523/DinasLH.TLPKLH terkait pengumuman Penghentian Sementara Hari Bebas Kendaraan pada Minggu tanggal 22 Januari 2023.

"Penghentian sementara ini karena bertepatan dengan Hari Raya Imlek yang jatuh tepat pada hari Minggu (22/1) tersebut, sekaligus menghormati perayaan Imlek bagi yang menjalankan," katanya yang dikutip dari Antara.

Pemerintah daerah setempat meminta segenap unsur terkait untuk membantu sosialisasi kepada seluruh penikmat hari bebas kendaraan di daerah itu agar masyarakat luas mengetahui surat edaran tersebut.

Pihaknya akan membuka kembali CFD  yang biasa dilakukan di sepanjang ruas Jalan Jenderal Ahmad Yani Kota Bekasi itu pada akhir pekan depan atau tanggal 29 Januari 2023.

"Warga bisa kembali menikmati olahraga santai dengan keluarga ataupun sekadar untuk menikmati santapan jajanan di area tersebut akhir pekan depan," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terbangkan Drone

Pemprov DKI Jakarta menggunakan pesawat nirawak atau drone untuk mengendalikan pencemaran sampah saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau CFD dan sejumlah titik rawan di Ibu Kota.

"Kami menggunakan drone terhadap pelanggar mulai Minggu, 6 November 2022," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Asep Kuswanto di Jakarta, Kamis 3 November 2022.

Pihaknya akan bekerja sama dengan Satpol PP DKI dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) DKI untuk melaksanakan kegiatan pengawasan itu.

Adapun lokasi yang menjadi titik konsentrasi pemantauan yakni di kawasan HBKB di Jalan Thamrin-Sudirman dan HBKB di masing-masing wilayah administrasi di DKI Jakarta.  

Kemudian sejumlah titik rawan yang selama ini banyak ditemukan warga buang sampah sembarangan.

Khusus saat HBKB di kawasan Thamrin-Sudirman, Pemprov DKI Jakarta mendirikan tujuh posko penindakan yang terdiri dari DLH, Kominfotik dan Satpol PP yakni di depan Gedung Jaya, Jalan Sumenep, dan depan Hotel Indonesia Kempinski.

Selanjutnya, posko di sekitar Patung Sudirman, depan gedung Chase Plaza, gedung CIMB Niaga dan Mal FX Sudirman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.