Sukses

Coba LRT Jakarta, Jokowi Kagum Kereta Berjalan Cepat Tanpa Masinis

Jokowi memastikan, kereta LRT Jakarta sudah sesuai ekspektasinya. Dia berjanji kereta sudah dalat beroperasi terbuka untuk publik pada Juni tahun depan.

 

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal langsung kereta Lintas Rel Terpadu atau LRT dari Stasiun Harjamukti ke Stasiun Taman Mini. Jokowi mengaku kagum dengan transportasi berbasis rel itu, sebab selain cepat, LRT dapat berjalan tanpa pengemudi.

"Ini sangat cepat sekali dan tanpa masinis,” kagum Jokowi usai mencoba kehebatan LRT di Stasiun Taman Mini Jakarta, Senin (26/12/2022). 

Selain kecepatan, Jokowi juga bangga dengan kereta LRT Jakarta yang ternyata buatan dalam negeri dari  PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero).

"Ini yang kita seneng, kita bangga kereta ini adalah buatan INKA semuanya buatan INKA termasuk sistem tanpa masinisnya semuanya dari INKA,” bangga Jokowi lagi.

Jokowi memastikan, kereta LRT Jakarta sudah sesuai ekspektasinya. Dia berjanji kereta sudah dalat beroperasi terbuka untuk publik pada Juni tahun depan.

“Juni-Juli 2023 sudah bisa (beroperasi) bareng dengan kereta cepat," kata Jokowi. 

Dia menjelaskan, kapasitas penumpang LRT itu adalah 420 penumpang dan bisa berorientasi pada pertengahan tahun 2023.

"Jadi kereta ini dengan kapasitas nanti 420 penumpang stasiunnya kapasitas 520-an kita harapkan nanti bulan Juli, Juni-Juli 2023 sudah bisa beroperasi berbarengan nanti dengan kereta cepat," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KAI Siapkan Ratusan SDM untuk Operasional LRT

 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah melakukan perekrutan sebanyak 229 orang untuk menyambut operasional LRT Jabodebek. Untuk itu, kecakapan sumber daya manusia (SDM) tersebut juga terus digodok oleh perusahaan.

Untuk diketahui, LRT Jabodebek rencananya akan beroperasi pada Juli 2023 mendatang. Pembangunannya sendiri, saat ini telah mencpai 87,22 persen. Maka SDM yang andal terus perlu disiapkan seiring dengan berjalannya pembangunan.

"SDM andal merupakan kebutuhan yang mendasar untuk dapat mewujudkan keselamatan dan kelancaran operasional LRT Jabodebek. Terlebih, moda transportasi ini akan dioperasikan tanpa masinis, sehingga perlu pengawasan ekstra dari seluruh petugas operasi,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Rabu (30/11/2022).

KAI telah melakukan rekrutmen dengan seleksi ketat untuk pemenuhan SDM LRT Jabodebek guna mendapatkan talenta-talenta unggulan.

Sejumlah formasi telah terisi dengan SDM-SDM pilihan seperti Train Attendant, Penyelia, Pengawas Stasiun dan Pengendali Operasi Kereta Terpusat otomatis, Petugas Pemeriksaan dan Perawatan Prasarana Sarana dan lainnya. Saat ini, kebutuhan SDM Operasional LRT Jabodebek sudah terpenuhi yakni sejumlah 229 personel.

Sejumlah pendidikan dan pelatihan (diklat) tengah diikuti calon petugas LRT Jabodebek menyesuaikan dengan standar dari Kementerian Perhubungan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Lintas Rel Terpadu Jabodetabek atau disingkat menjadi LRT Jabodetabek adalah lintas rel terpadu yang berada di daerah Jabodetabek.

    LRT

  • LRT Jabodebek