Sukses

Momen Anies Kongko Minum Kopi Sambil Nonton Piala Dunia di Aceh

Liputan6.com, Jakarta Bakal Calon Presiden (Capres) Partai NasDem Anies Baswedan melanjutkan safari politiknya di bumi Serambi Mekkah, Aceh pada 2-3 Desember 2022.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyempatkan bertandang ke salah satu kedai kopi Waroeng Pak Haji Lamlagang, Aceh.

Momen itu dibagikan Anies lewat akun resmi Instagramnya @aniesbaswedan, dikutip Sabtu (3/12/2022).

"Minum kopi telah menjadi budaya di Aceh. Serambi Mekah ini juga dijuluki negeri seribu kedai kopi. Kedai kopi telah menjadi ruang ketiga bagi masyarakat Aceh," kata Anies.

Total ada 10 foto yang dibagikan Anies dalam akun media sosial pribadinya itu. Nampak ia ditemani sang puteri Mutiara Baswedan.

Pada postingannya, Anies juga mengutip kalimat dari Pahlawan Nasional Aceh Teuku Umar dalam bahasa Aceh yang berbunnyi Beungoh singoh geutanyoe jep kupi di keude Meulaboh atawa ulon akan syahid, yang mempunyai arti besok pagi kita akan minum kopi di kota Meulaboh atau aku akan syahid.

Anies menerangkan baik siang maupun malam, berbagai lapisan masyarakat Aceh mengisi kedai-kedai kopi di desa dan di kota untuk sekedar bersantai menikmati kopi.

Kegiatan minum kopi itu, kata Anies tidak terbatas dari yang tua hingga yang muda, lelaki maupun perempuan, miskin ataupun kaya, semua berbaur tanpa sekat-sekat pembatas.

 

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Mengaku Senang

Anies mengaku senang dapat mampir minum kopi sambil nonton bareng piala dunia di Waroeng Pak Haji, Lamlagang, Banda Aceh.

"Sempat diajarkan juga cara meracik kopi aceh, yang harus disaring berkali-kali, setiap kedai bisa menghasilkan cita rasa kopi yang berbeda," katanya.

"Kiban, kaleuh neu jep kupi beungoeh nyo? (Gimana, sudah ngopi pagi ini?)," ujar Anies.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS