Sukses

Penjelasan Menpora Larang Konser di GBK, Tapi Izinkan Acara Relawan Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjelaskan alasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) dapat digunakan untuk acara Gerakan Nusantara Satu oleh relawan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Sabtu 26 November 2022.

Dia mengatakan bahwa penyelenggaraan konser artis tidak dapat dilakukan di GBK karena proses renovasi sudah dimulai bulan depan. Sementara Zainudin menyebut proses renovasi GBK saat ini belum dilakukan sehingga masih diperbolehkan untuk kegiatan lain.

"Jadi kalau teman-teman memperhatikan apa yang pernah saya sampaikan beberapa waktu yang lalu ketika waktu itu ada Blackpink dan lain-lain, saya sampaikan kalau renovasi sudah dimulai," kata Menpora kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (28/11/2022).

"Renovasi itu ditandai oleh tim dari PUPR masuk ke GBK, ke (stadion) Jalak Harupat, (stadion) Manahan Solo, GBT Surabaya, Wayan Dipta Bali, Jakabaring Palembang, kalau mereka sudah masuk. Nah, sampai dengan selesainya event itu (renovasi), enggak boleh digunakan," sambungnya.

Menurut dia, Kementerian PUPR belum masuk untuk melakukan renovasi saat acara relawan Jokowi di GBK berlangsung. Zainudin memastikan bahwa pemakaian Stadion GBK terus dikomunikasikan ke FIFA.

"Yang kemarin kan PU-nya belum masuk, belum mulai. Jadi ukurannya itu saja, dan GBK berkomunikasi dengan FIFA. FIFA sampaikan pokoknya kalau sudah masuk renovasi, sudah enggak boleh lagi," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Renovasi Awal Desember 2022

Zainudin menyampaikan pihaknya menargetkan proses renovasi Stadion Utama GBK dimulai pada awal Desember 2022. Adapun Stadion GBK sudah dipilih sebagai venue Piala Dunia U20 pada 20 Mei 2022 hingga 11 Juni 2023.

"Tunggu PU masuk. Awal desember," ucap Amali.

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali mengatakan larangan pemakaian Stadion Gelora Bung Karno ini diterapkan untuk menjaga kualitas stadion menjelang Piala Dunia U20 pada Mei 2023 mendatang.

“Jadi, semua stadion yang telah terdaftar di FIFA, akan direnovasi di bulan November. Begitu sudah selesai, stadion tersebut tidak diperkenankan untuk pelaksanaan kegiatan lain,” ujar Zainudin pada Rabu (2/11/22).

3 dari 3 halaman

Ketentuan dari FIFA

Lebih lanjut, Zainudin juga mengatakan bahwa ada perjanjian dan ketentuan dengan FIFA terkait penggunaan stadion Gelora Bung Karno.

“Saya pastikan, (konser) itu tidak dapat digelar," kata Zainudin.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS