Sukses

Puluhan RT Terendam Banjir Akibat Luapan Kali Ciliwung, Wagub DKI: Sudah Surut

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi soal puluhan RT yang terendam banjir di wilayah DKI Jakarta akibat luapan Kali Ciliwung, Senin (10/10/2022). Diketahui, ibu kota diguyur hujan pada Minggu, 9 Oktober 2022.

"Seperti yang kita ketahui bersama tidak hanya Jakarta, tapi berbagai daerah seluruh Indonesia mengalami hal yang sama," kata Riza Patria di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, Senin (10/10/2022).

Riza Patria menyatakan bahwa masyarakat harus lebih berhati-hati. Terlebih Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem sepekan ke depan (9-15 Oktober) 2022.

"Dapat menimbulkan genangan yang cukup bahkan berpotensi banjir, namun demikian seperti yang kita alami sekalipun intensitas hujan yang tinggi jadi genangan dan banjir. Tapi cepat surut. Alhamdulillah dalam waktu beberapa jam sudah surut seperti yang ditargetkan enam jam kemudian sudah surut," terang dia.

Politikus Gerindra ini juga mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga terus mengupayakan berbagai program mitigasi banjir. Antara lain seperti pembangunan waduk, pengerukan sungai, meningkatkan daya tampung air, dan program grebek lumpur.

"Bahkan kita sudah siapkan pula early warning (peringatan dini) di setiap kelurahan yang penting mari semua bersinergi kita hadapi bersama. Tidak usah panik kita lakukan kolaborasi yang baik masalah dapat kita atasi bersama sejauh bersama-sama bisa menghadapinya," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

63 RT Terendam Banjir

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat ada 63 RT yang terendam banjir. Terbaru, banjir dilaporkan telah surut sekitar pukul 15.00 WIB dan menyisakan 12 RT.

Adapun data wilayah yang terdampak sebagai berikut:

Jakarta Timur terdapat 12 RT yang terdiri dari:

Kelurahan Cawang

- Jumlah: 10 RT- Ketinggian: 40 sampai 80 cm - Penyebab: Luapan Kali Ciliwung

Kelurahan Kampung Melayu

- Jumlah: 2 RT- Ketinggian: 70 cm - Nomor Layanan Kedaruratan: 112

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS