Sukses

Menteri Suharso Ungkap 6 Strategi yang Bikin Ekonomi Kepri Melejit

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Menteri PPN/Kepala Bappenas) Suharso Monoarfa menggelar rapat koordinasi bersama Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad.

Dalam rapat itu, Menteri Suharso Monoarfa membahas hasil kunjungan kerja Kementerian PPN/Bappenas ke Kepri pada 4 hingga 6 Oktober 2022 kemarin.

Kunjungan kerja tersebut memiliki tiga tujuan, yakni memastikan kebijakan pembangunan berjalan sesuai perencanaan pembangunan, mengevaluasi lebih cepat berdasarkan data-data sekunder yang tersedia, dan menganalisis kesimpulan sementara dari temuan lapangan.

"Hasilnya, Kementerian PPN/Bappenas mengusung enam strategi transformasi ekonomi Kepri," ujar Suharso dalam keterangannya, Minggu (9/10/2022).

Pertama, kata dia, Kepri Talenta, yakni menyediakan talenta wisata hingga talenta industri dan ekonomi kreatif. Kedua, Kepri Biru dengan mengoptimalkan laut sebagai sumber ekonomi baru untuk masa depan.

"Ketiga, Kepri Kreatif dan Produktif yang bisa mengembangkan industri kreatif berskala internasional diiringi dengan industri manufaktur berteknologi tinggi," ucap Suharso.

Keempat, lanjut Suharso, Kepri Digital dengan mengembangkan hubungan digital nasional dan internasional serta mendorong transformasi digital sebagai bagian tak terpisahkan dari pengembangan ekonomi Kepri. Kelima, Kepri Merata dan Terintegrasi. Keenam, Kepri Kondusif.

"Dengan enam strategi tersebut, diharapkan pertumbuhan Kepri melaju lebih pesat dan dengan skenario transformasi ekonomi ini bisa mencapai pendapatan per kapita USD 41.946 per kapita di 2045, setara perekonomian Italia saat ini," papar Suharso.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kepri Miliki Potensi Ekonomi

Memiliki 97,65 persen wilayah laut dan 2,35 persen daratan, Kepri memiliki potensi ekonomi biru yang sangat besar. Kementerian PPN/Bappenas sudah merancang Blue Economy Index, dengan Kepri sebagai provinsi tertinggi dibandingkan provinsi lain di Indonesia.

"Kementerian PPN/Bappenas mengusulkan transformasi ekonomi Kepri bertema Blue and Intelligent Historic Island of Indonesia, menjadi bagian dari transformasi ekonomi Indonesia, menuju Indonesia Emas 2045," pungkas Suharso.

3 dari 3 halaman

Terobosan yang Baik

Terpisah, pemerhati sosial masyarakat Frans Immanuel Saragih mengatakan, langkah-langkah yang dilakukan oleh Bappenas merupakan terobosan yang baik.

Karena Bappenas menjadi pedoman bagi setiap daerah dalam perencanaan Pembangunan Nasional agar tercipta pembangunan Nasional yang berkesinambungan dan berada dalam satu Blue Print.

"Masyarakat itu sangat mengharapkan adanya kejelasan berkesinambungan. Jadi apa yang dilakukan oleh Pak Suharso sudah tepat dalam membuat tata kelola pembangunan yang berkelanjutan. Semoga langkah ini tidak berhenti di sini saja tetapi terus berkelanjutan," jelas Frans.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS