Sukses

Kapolri Bicara Politik Identitas di Depan Anies Baswedan, Ada apa?

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bicara politik identitas di hadapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Keduanya menghadiri acara peresmian Kantor Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila (PP) di Jalan Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (1/10/2022) siang.

"Jadi ini kesempatan saya juga untuk mengingatkan mohon maaf ada Pak Anies, ada rekan-rekan yang sebentar lagi kita masuk di dalam tahun politik," kata Listyo.

Listyo mengingat kembali masa pemilihan umum (pemilu) pada 2019 silam. Menurut dia, masa-masa itu diwarnai politik identitas. Sehingga, menyebabkan publik menjadi terbelah-belah.

"Tahun 2019 kita sudah merasakan bagaimana waktu itu kita asik terlarut dengan kondisi pemenangan terhadap calon masing masing sehingga kemudian kita menggunakan cara-cara yang kemudian kita rasakan ini sampai saat ini menjadi salah satu sumber perpecahan, memanfaatkan menggunakan politik politik Identitas," ujar dia.

Listyo mengingatkan, kepada para calon pemimpin yang akan bertarung pada Pemilihan Presiden (Presiden) 2024 menghindari politik identitas.

"Jadi kesempatan ini saya tentunya mengingatkan di tahun 2024 ini para pemimpin calon pemimpin nasional dari masing masing partai ada yang calon presiden," ujar dia.

Listyo mengutip sila ketiga dalam Pancasila yakni Persatuan Indonesia maka itu kala bicara politik bangsa yang harus disampaikan kepada masyarakat adalah politik dan ideologi pancasila.

"Jadi itu yang saya pesankan. Sehingga degan demikian kita bisa menghindari perpecahan. Kita bisa menghindari terjadinya polarisasi, karena ke depan yang kita butuhkan adl persatuan dan kesatuan," tandas dia.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

PP, Anies dan Pilpres 2024

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menjadi anggota organisasi kemasyarakatan (Ormas) Pemuda Pancasila (PP). Anies dikukuhkan sebagai anggota PP saat menghadiri Peresmian Kantor Sekretariat MPN PP di Jalan Teuku Cik Ditiro Nomor 56 A Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (1/10/2022).

"Pak Anies ini mau sendiri jadi anggota Pemuda Pancasila, bukan anggota kehormatan," kata Ketua Umum (Ketum) Pemuda Pancasila (PP) Japto Soerjosoemarno.

Sembari berseloroh, Japto menyampaikan kepada seluruh kader yang hadir untuk wajib memilih Anies Baswedan apabila maju di kontestasi pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

"Jadi kewajiban dari seluruh Pemuda Pancasila kalau tadi disentil sama Kapolri, Pilpres 2024, kalau nama beliau terpilih wajib kita untuk memilih beliau," jelasnya.

Pernyataan Japto disambut sorakan riuh seluruh kader PP yang hadir. Lebih lanjut, Japto menyebut hal itu merupakan perjanjian yang harus diutamakan oleh seluruh kader PP.

"Karena itu perjanjian, kader PP diutamakan bagaimanapun juga untuk caleg, Pilpres, Pilkada Insyaallah," katanya. 

"Anies Presiden," teriak kader Pemuda Pancasila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.