Sukses

Cuaca Hari Ini Jumat 23 September 2022, Hujan di Jabodetabek Pagi Siang, Malam Berawan

Liputan6.com, Jakarta Cuaca wilayah DKI Jakarta diperkirakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berawan, Jumat (23/9/2022) pagi, sebagian hujan ringan. 

Hujan terus berlanjut hingga siang nanti, namun kali ini turun merata di seluruh titik Ibu Kota termasuk Kepulauan Seribu. Bahkan BMKG melaporkan ada potensi diselingi petir dan angin kencang hingga sore hari.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di Jaksel, dan Jaktim pada siang dan sore hari," kata BMKG diperingatan dini cuaca hari ini, Jumat.

BMKG juga memprediksi hujan turun di keempat daerah penyangga Jakarta pagi hari hingga siang nanti. Hujan dilaporkan berpotensi dibarengi petir dan angin kencang untuk wilayah Depok, Bogor, dan Bekasi. 

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu antara siang/sore hingga malam hari di Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi," jelas BMKG.

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Jakarta Barat  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Pusat  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Selatan  Cerah Berawan  Hujan Petir  Berawan
 Jakarta Timur  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Utara  Hujan Ringan  Hujan Ringan  Berawan
 Kepulauan Seribu  Hujan Ringan  Hujan Ringan  Berawan
 Bekasi  Hujan Ringan Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Depok  Hujan Ringan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Bogor  Hujan Ringan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
Tangerang Hujan Ringan Berawan Berawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Penjelasan BMKG soal Fenomena Kabut Tebal Selimuti Palembang di Pagi Hari

Fenomena kabut tebal yang kerap terjadi pada pagi hari di Palembang mulai mengganggu aktivitas warga. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga Kota Palembang untuk lebih berhati-hati terhadap fenomena tersebut, agar terhidar dari dampak buruk saat beraktivitas di luar rumah.

Kepala Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Desindra Deddy Kurniawan, Selasa (20/9/2022) mengatakan, fenomena kabut atau fog itu kerap terjadi pada pagi hari hingga membuat jarak pandang mata terbatas, seperti yang terjadi pada Selasa pagi ini, hampir seluruh Kota Palembang diselimuti kabut tebal yang cukup mengganggu aktivitas masyarakat.

Pihaknya mendeteksi fenomena kabut mulai menyelimuti Kota Palembang sekitar pukul 05.00 WIB hingga pukul 07.30 WIB, menyebabkan jarak pandang terendah masyarakat mencapai 200 meter.

Menurut Desindra, fenomena kabut ini terjadi karena suhu permukaan bumi di Palembang dalam keadaan lebih dingin ketimbang suhu udara di atasnya.

Atas kondisi itu, uap air mengalami kondensasi menjadi titik-titik air yang lebih kecil, kemudian melayang di permukaan menjadi kabut. Kabut pun perlahan hilang seiring munculnya sinar matahari.

3 dari 3 halaman

Potensi Hujan di Palembang

Stasiun Meteorologi SMB II Palembang memprakirakan Kota Palembang berpotensi mengalami hujan intensitas sedang-lebat, pada Selasa, dengan suhu 24 – 33 °C, kelembapan udara 58 persen - 97 persen.

Potensi tersebut juga diprakirakan berlangsung di beberapa daerah lainnya, seperti, Kabupaten OKI, Banyuasin, OKU Selatan, OKU Timur, Ogan Ilir, Musi Banyuasin, dan Muara Enim.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS