Sukses

Cuaca Hari Ini Kamis 22 September 2022, Waspadai Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi Hujan Petir

Cuaca cerah berawan terjadi dihampir sebagian besar kota penyangga Jakarta pagi hari ini, Kamis (22/9/2022), terkecuali Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap ada potensi hujan angin dibarengi petir yang akan terjadi di sejumlah titik Ibu Kota, Kamis (22/9/2022) siang nanti. Namun, pagi hari ini cuaca cenderung cerah berawan.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir di Jaksel dan Jaktim pada sore hari," jelas BMKG diperingatan dini cuaca hari ini, Kamis. 

 

Hujan diselingi petir dan angin kencang juga berpotensi untuk daerah penyangga Jakarta, seperti Depok, Bogor serta Bekasi. Menurut perkiraan BMKG, kondisi cuaca tersebut terjadi siang hingga malam nanti. 

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu siang hingga malam hari di wilayah Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi," kata BMKG.

Sementara, cuaca pagi cerah berawan dihampir sebagian besar kota penyangga Jakarta, terkecuali  Tangerang. Siang hingga malam hari, langit mendung menyelimuti seluruh wilayah Tangerang. 

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota Pagi  Siang  Malam 
 Jakarta Barat  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Pusat  Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Jakarta Selatan  Berawan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
 Jakarta Timur  Berawan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
 Jakarta Utara  Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Kepulauan Seribu  Cerah Berawan  Cerah  Berawan
 Bekasi  Cerah Berawan  Berawan  Berawan
Depok Cerah Berawan Hujan Ringan Hujan Ringan
Bogor  Cerah Berawan  Hujan Petir  Hujan Ringan
 Tangerang  Berawan  Berawan  Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjelasan BMKG soal Fenomena Kabut Tebal Selimuti Palembang di Pagi Hari

Fenomena kabut tebal yang kerap terjadi pada pagi hari di Palembang mulai mengganggu aktivitas warga. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga Kota Palembang untuk lebih berhati-hati terhadap fenomena tersebut, agar terhidar dari dampak buruk saat beraktivitas di luar rumah.

Kepala Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Desindra Deddy Kurniawan, Selasa (20/9/2022) mengatakan, fenomena kabut atau fog itu kerap terjadi pada pagi hari hingga membuat jarak pandang mata terbatas, seperti yang terjadi pada Selasa pagi ini, hampir seluruh Kota Palembang diselimuti kabut tebal yang cukup mengganggu aktivitas masyarakat.

Pihaknya mendeteksi fenomena kabut mulai menyelimuti Kota Palembang sekitar pukul 05.00 WIB hingga pukul 07.30 WIB, menyebabkan jarak pandang terendah masyarakat mencapai 200 meter.

Menurut Desindra, fenomena kabut ini terjadi karena suhu permukaan bumi di Palembang dalam keadaan lebih dingin ketimbang suhu udara di atasnya.

Atas kondisi itu, uap air mengalami kondensasi menjadi titik-titik air yang lebih kecil, kemudian melayang di permukaan menjadi kabut. Kabut pun perlahan hilang seiring munculnya sinar matahari. 

3 dari 3 halaman

Potensi Hujan di Palembang

Stasiun Meteorologi SMB II Palembang memprakirakan Kota Palembang berpotensi mengalami hujan intensitas sedang-lebat, pada Selasa, dengan suhu 24 – 33 °C, kelembapan udara 58 persen - 97 persen.

Potensi tersebut juga diprakirakan berlangsung di beberapa daerah lainnya, seperti, Kabupaten OKI, Banyuasin, OKU Selatan, OKU Timur, Ogan Ilir, Musi Banyuasin, dan Muara Enim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.